Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jadwal Makanan Bayi 6 Bulan

Jadwal Makanan Bayi 6 Bulan

Jadwal Makanan Bayi 6 Bulan. Berapa kali dalam sehari ibu memberikan bayinya ASI dan MPASI? Banyak dari ibu yang belum mengetahui jadwal makanan bayi 6 bulan pada bayinya. Bingung menentukan kapan sebaiknya pemberian MPASI dan ASI diberikan?

Pada artikel kali ini kita akan membahas jadwal makanan bayi 6 bulan atau MPASI pada bayi yang sudah berusia 6 bulan. Seperti yang sudah kita ketahui, pemberian MPASI boleh dilakukan jika bayi sudah berumur 6 bulan keatas.

Makanan pendamping ASI ini diperlukan karena bayi yang sudah berumur 6 bulan sudah boleh mendapatkan makanan tambahan dan mulai mengajarkannya rasa makanan selain ASI.

Setelah bayi berumur 6 bulan keatas, bayi membutuhkan nutrisi yang lebih lagi. Nutrisi tersebut berupa zat besi yang tidak cukup didapatkan dari ASI saja, namun harus ditambah dengan makanan pendamping lainnya.

Kenapa MPASI boleh diberikan pada umur bayi 6 Bulan keatas?

Pada usia bayi 0-6 bulan proses pencernaannya belum sempurna sehingga belum bisa mencerna makanan selain ASI. Namun untuk kondisi tertentu MPASI boleh saja diberikan pada bayi yang berusia kurang dari 6 bulan hanya jika pada kondisi tertentu saja.

Misalnya jika bayi kurus atau berat badannya tidak seimbang dengan usianya. Untuk kondisi ini biasanya dokter menyarankan pemberian MPASI pada bayi yang masih berusia 4-5 bulan.

Jadwal Makanan Bayi 6 Bulan

Berikut ini jadwal pemberian ASI dan MPASI yang bisa ibu terapkan pada bayinya. Jadwal makanan bayi 6 bulan ini tidak baku, bisa disesuaikan dengan kondisi dan waktu pada bayinya. Yang perlu ibu perhatikan adalah jika membuat jadwal maka harus disiplin menerapkannya, tujuannya untuk membentuk pola makan yang optimal.

Pagi
06.00: Jadwal ASI
09.00: Jadwal MPASI Pertama

Siang
12.00: Jadwal ASI
15.00: Jadwal MPASI Kedua

Malam
18.00: Jadwal ASI
21.00: Jadwal ASI

Jika bayi sudah berumur 6-9 bulan, pemberian MPASI nya bisa dilakukan 2 kali makan besar, kemudian 1-2 kali snack mpasi.

Dalam pemberian MPASI, menunya tidak boleh sembarangan, harus mengandung nutrisi seperti vitamin, zat besi, kalsium dan protein. Kenalkan bayi dengan makanan buah-buahan dan sayur-sayuran. Sebaiknya makanannya diolah sendiri sehingga nutrisi dan kebersihannya terjaga.

Berikut ini jenis makanan yang bisa diberikan pada bayi yang sudah berumur 6 bulan.

Alpukat

Buah alpukat sangat tinggi kandungan vitamin A dan C, buah ini juga mengandung magnesium dan kalsium. Kandungan nutrisi pada buah alpukat ini sangat baik untuk perkembangan motorik dan daya tahan tubuh bayi. Dalam memilih buah alpukat haruslah yang sudah matang, bagian dagingnya dihaluskan bisa dengan cara manual.

Wortel

Wortel tergolong jenis sayuran yang kaya dengan vitamin terutama untuk kesehatan mata dan kulit. Wortel juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pemilihan jenis wortel tidak boleh sembarangan, pilihlah wortel yang agak gelap karena wortel jenis ini sangat kaya akan beta karoten.

Cara membuatnya sangat mudah, pertama cuci wortel hingga bersih, kemudian potong. Wortel yang sudah dipotong kecil-kecil tersebut direbus atau dikukus dan dihaluskan. Ibu juga bisa menambahkan ASI pada wortel yang sudah dihaluskan ini, untuk tingkat kekentalannya sesuaikan saja.

Pisang

Semua orang suka buah pisang, selain rasanya yang manis, pisang juga kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Buah pisang yang direkomendasikan adalah pisang ambon. Haluskan dengan blender dicampur dengan ASI.

Bubur Merah dan atau Putih

Bukan hanya sayur dan buah saya yang bisa dijadikan MPASI, bayi yang sudah berusia 6 bulan sudah bisa dikenalkan dengan beras, terutama beras merah. Selain mengandung vitamin B, beras merah juga berfungsi untuk mencegah anemia. Cara membuatnya sangat mudah, beras merah direbus hingga menjadi bubur, disaring, kemudian dicampur dengan ASI.

Dengan memberikan MPASI pada bayi, kita sebagai orang tua mengenalkan makanan pendamping lainnya yang kaya akan gizi. Yang utama tetaplah memberikan ASI selama 2 tahun atau susu formula. Jadikanlah aktivitas memberikan makanan pendamping ini menjadi sesuatu yang membahagiakan bagi si bayi. Semoga informasi mengenai jadwal makanan bayi 6 bulan ini bermanfaat.

Post a Comment for "Jadwal Makanan Bayi 6 Bulan"