Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Imunisasi Pada Bayi

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Imunisasi Pada Bayi

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Imunisasi Pada Bayi. Imunisasi gunanya adalah membentuk antibodi pada bayi yang sebelumnya didapat dari ibunya dan hanya bertahan selama beberapa minggu saja setelah melahirkan. Oleh sebab itu perlu dilakukan imunisasi untuk membentuk antibodi agar bayi tidak rentan terserang penyakit.

Imunisasi pada bayi yang baru lahir sebaiknya dilakukan secara konsisten setiap bulannya sesuai dengan perkembangan usianya. Jadwal yang sudah diatur oleh petugas kesehatan seperti rumah sakit atau sekarang biasa dilakukan di puskesmas harus dilakukan. Dengan rutin melakukan imunisasi pada bayi diharapkan bayi akan terhindar dari penyakit menular yang membahayakan.

Meskipun ada pro kontra terhadap imunisasi pada bayi, tapi kita coba berfikir jernih. Kita lihat dari segi positifnya, apalagi dengan kondisi sekarang ini, banyak penyakit menular yang berbahaya dengan tingkat polusi yang tinggi dan makanan yang banyak mengandung bahan pengawet berbahaya.

Melihat kondisi seperti itu, tentu kita sebagai orang tua sangat protektif terhadap anak-anak kita. Dengan memberikan perlindungan sejak dini dengan cara imunisasi diharapkan anak kita nantinya memiliki daya tahan tubuh yang kuat terhadap serangan virus yang berbahaya.

Bayi yang sudah diberikan imunisasi terkadang dalam waktu 24 jam suhu badannya akan naik turun atau tidak stabil. Apalagi jika sudah malam akan lebih sering rewel dan gelisah. Bukan hanya saja bayi kita yang gelisah, kita pun sebagai orang tua juga ikut gelisah melihat kondisi bayi tersebut.

Demam yang terjadi pada bayi pasca imunisasi adalah respon dari tubuh bayi untuk membentuk sistem kekebalan tubuhnya. Kondisi tersebut merupakan hal yang normal terjadi pada bayi pasca imunisasi.

Sebaiknya ibu memiliki alat pengukur suhu tubuh seperti thermoone yang ditempel di ketiaknya sehingga ibu bisa mengecek setiap saat kondisi suhu tubuh bayi. Efek yang ditimbulkan setelah imunisasi biasanya seperti bengkak pada bagian tubuh yang disuntik seperti lengan dan paha. Kulit juga akan terlihat kemerahan.

Kita sebagai orang tua selalu waspada dan menjaga bayi kita jika terjadi sesuatu yang diluar perkiraan. Meskipun demam atau suhu tubuh yang naik pada bayi setelah imunisasi adalah hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

Efek dari imunisasi ini biasanya akan hilang dalam 1-2 hari kadang bahkan lebih. Namun ibu tetap harus waspada karena bisa saja demam bayi tidak turun lebih dari 2 hari dan dengan demam yang makin tinggi.

Jika kondisi ini terjadi pada bayi maka segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Ada 5 jenis imunisasi yang perlu ibu ketahui:

  1. Imunisasi polio
  2. Imunisasi Hepatitis B
  3. Imunisasi Campak
  4. Imunisasi BCG
  5. Imunisasi DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus)

Dari kelima jenis imunisasi tersebut, jenis imunisasi yang mengakibatkan bayi demam adalah imunisasi DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus) dan imunisasi campak.

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Imunisasi Pada Bayi

Meskipun demam yang ditimbulkan pasca imunisasi adalah hal yang normal, tapi ada beberapa cara menghilangkan rasa sakit setelah imunisasi pada bayi mengurangi demam yang ditimbulkan akibat dari imunisasi:

  1. Bekas suntikan baik itu pada bagian lengannya atau pahanya dengan melakukan kompres dengan air dingin.
  2. Lebih sering memberikan ASI pada bayi, karena salah satu kandungan yang terdapat pada ASI berfungsi sebagai anti peradangan sehingga mampu menurunkan demam bayi.
  3. Pastikan pakaian yang digunakan tidak tebal dan berlapis-lapis. Pilihlah pakaian yang senyaman mungkin, kalau bisa hanya menggunakan singlet dan popok saja.
  4. Jika perlu berikan obat penurun panas dengan dosis yang tepat sesuai dengan usia bayi.

Semoga penjelasan cara menghilangkan rasa sakit setelah imunisasi pada bayi di atas bisa bermanfaat bagi kita semua dan sedikit banyak bisa menambah wawasan kita seputar imunisasi dan efek yang ditimbulkan pasca imunisasi serta bagaimana tindakan yang bisa kita lakukan untuk menurunkan demam setelah imunisasi. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Imunisasi Pada Bayi"