Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mencairkan Asi Dari Freezer

Cara Mencairkan Asi Dari Freezer

Cara Mencairkan Asi Dari Freezer. Bagi ibu yang tidak bisa menyusui bayinya secara langsung sedangkan ASI nya ada, tentu harus mencari cara lain agar kebutuhan nutrisi bayinya bisa terpenuhi. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan memompa ASI dan menyimpannya di dalam botol khusus penyimpanan ASI. Dengan cara ini maka kebutuhan nutrisi bayi akan terpenuhi dan tercukupi setiap harinya.

Sebaiknya memang bayi menyusui langsung ke ibunya, namun ada kondisi tertentu yang tidak memungkinkan ibu bisa menyusui langsung bayinya. Untunglah sekarang ini banyak dijual alat memompa ASI, baik itu yang manual, maupun yang agak mahal seperti pompa ASI elektrik.

Pada prinsipnya cara penggunaannya sama saja yaitu memompa ASI agar bisa keluar dan ditampung pada botol yang sudah 1 paket dengan alat pompanya. Hanya saja jika ibu menggunakan pompa elektrik cara penggunaannya lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga pada saat memompanya. Ada banyak merk yang dijual, ibu hanya tinggal pilih modelnya seperti apa dan yang terpenting adalah cara penggunaannya mudah.

Jika ibu menggunakan alat pompa ASI maka hal yang perlu diperhatikan adalah kebersihan. Pompa harus steril pada penggunaan pertama kali dan setelah digunakan dengan cara mencucinya dengan sabun khusus botol bayi dan direndam dalam air panas selama 10-15 menit. Kebersihan tangan juga perlu dijaga, jangan sampai pada saat memompa tangan ibu masih kotor, apalagi jika menggunakan pompa ASI manual.

ASI yang sudah dipompa tersebut harus segera dimasukkan ke dalam botol kaca khusus atau plastik khusus. Untuk botol pastikan sebelum digunakan harus dibersihkan terlebih dahulu.

Lakukan juga proses sterilisasi pada botol kaca tersebut dengan merendamnya di air panas selama 10-15 menit. Jangan lupa untuk memberi label pada setiap botol dengan mencatat tanggal, bulan serta jam pada saat masuk freezer.

ASI yang sudah dimasukkan ke dalam botol dan plastik tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kulkas atau freezer. Jika suatu saat diperlukan, maka ASI yang sudah dibekukan tersebut dikeluarkan, terlebih dahulu harus dicairkan.

Cara Mencairkan Asi Dari Freezer

Ada beberapa cara mencairkan asi dari freezer yang bisa ibu lakukan. Jadi untuk mencairkannya tidak boleh sembarangan, ada langkah-langkah agar ASI tersebut aman diberikan pada bayi.

1. Keluarkan ASIP Yang Pertama Kali Masuk Freezer.

Sistem ini disebut dengan FIFO (First In First Out) / pertama masuk, pertama keluar. Tujuannya agar ASI yang pertama masuk tidak terlalu lama disimpan dalam freezer, sehingga ketika ada ASI yang masuk lagi ke dalam freeze, yang paling lama sudah keluar. Dengan demikian bisa menjaga ASI tidak terlalu lama di simpan di dalam kulkas.

ASI yang terlalu lama disimpan di dalam freezer tidak baik diberikan pada bayi, apalagi jika disimpan sudah berbulan-bulan. Nutrisi pada ASI yang sudah disimpan lama akan berubah dan berkurang.

2. ASIP Dalam Freezer Dipindahkan Ke Bagian Bawah Kulkas.

Pemindahan ASI yang berada di bagian atas kulkas atau bagian freezernya sebelum dikeluarkan dari kulkas, terlebih dahulu dipindahkan ke bagian bawah. Tujuan pemindahan ini adalah agar proses pencarian ASI tersebut dilakukan secara bertahap dari beku hingga cair.

Proses ini biasanya terjadi selama 24 jam, jadi jika ASI akan dikonsumsi oleh bayi pada siang hari, maka malam sebelumnya ASI yang ada pada freezer sudah dikeluarkan dan dipindahkan letaknya.

3. Botol ASIP Direndam Di Wadah Yang Berisi Air Hangat

Setelah proses pencairan pada langkah No. 2, langkah cara mencairkan asi dari freezer selanjutnya adalah merendam ASIP yang masih berada dalam botol tersebut ke dalam wadah yang sudah berisi air hangat. Tujuannya adalah agar suhu ASI tidak terlalu ekstrim jika diberikan langsung pada bayi.

4. ASIP Di Aduk Rata

Sebelum diberikan pada bayi, ASIP yang sudah dihangatkan pada wadah yang berisi air hangat tersebut kemudian diaduk rata secara perlahan. Mengaduknya bisa dengan cara menggoyang-goyangkan botolnya.

5. Berikan ASIP Pada Bayi

Langkah mencairkan asi dari freezer selanjutnya adalah ibu bisa langsung memberikan ASI Perah tersebut pada bayi. ASIP yang berada dalam botol kaca khusus tersebut ibu pindahkan ke botol ASI dengan dotnya dan bisa langsung dikonsumsi oleh si bayi.

Itulah langkah-langkah dan cara mencairkan asi dari freezer. Dengan melakukan langkah-langkah yang sudah saya jelaskan di atas maka ibu tidak akan bingung lagi bagaimana cara mencairkan ASI Perah beku yang benar.

Perhatikan kebersihan alat pompa ASI, botol penyimpanannya, kemudian yang tidak kalah penting adalah kebersihan kulkas tempat menyimpan ASIP. Jika ASIP sudah disimpan di dalam freezer, jangan dicampur dengan makanan lainnya seperti daging atau bumbu-bumbu makanan.

Aroma dan rasa pada ASIP tersebut bisa saja terkontaminasi dengan makanan lainnya sehingga bisa merubah aroma dan rasa apalagi bisa merubah kandungan nutrisi pada ASI tersebut. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mencairkan Asi Dari Freezer"