Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Memerah Asi Dengan Tangan Yang Baik Dan Benar

Cara Memerah Asi Dengan Tangan Yang Baik Dan Benar

Cara Memerah Asi Dengan Tangan Yang Baik Dan Benar. Bagi ibu yang kesulitan memberikan ASI langsung pada anaknya, bisa dengan menggunakan bantuan pompa ASI. Tentu saja ibu tidak boleh mengabaikan memberikan ASI pada buah hatinya meskipun kesulitan dalam memberikan ASI langsung pada bayi.

Penggunaan pompa ASI merupakan alternatif yang bisa dilakukan agar kebutuhan nutrisi bayi tetap terpenuhi. Yang harus ibu perhatikan adalah bagaimana cara memerah asi dengan tangan yang baik dan benar.

Untuk pompa ASI sendiri banyak macamnya, tergantung merk. Harga pompa ASI juga beragam mulai dari yang mahal hingga yang murah. Sebelum memilih pompa ASI yang baik, coba survey terlebih dahulu di internet jenis-jenis pompa ASI dan bandingkan dengan merk yang lain. Cara lainnya bisa dengan menanyakan ke orang terdekat atau ibu-ibu yang sebelumnya sudah pernah menggunakannya.

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam pembahasan memompa ASI adalah cara memerah asi dengan tangan yang baik dan benar dan pemilihan tempat penyimpanan, metode penyimpanan dan waktu penyimpanan ASI yang disarankan.

Pilihlah botol kaca, atau plastik yang terjamin kualitasnya, kemudian simpan dalam freezer dengan memberikan label pada botolnya sesuai dengan jam, tanggal dan bulan penyimpanan. Lama waktu penyimpanan juga harus diperhatikan kemudian langkah untuk mencairkan ASI perah beku juga perlu diperhatikan.

Setelah ibu memilih jenis pompa ASI yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan, langkah selanjutnya adalah memompa ASI. Memompa ASI harus dengan cara yang baik dan benar. Pastikan juga kebersihan tangan dan alat pompanya.

Jangan sampai bakteri menyerang bayi akibat dari tidak menjaga kebersihan. Cara mensterilkan dan membersihkan peralatan bayi sudah kita bahas pada artikel yang lain. Silahkan ibu lihat pada artikel lainnya di blog ini.

Cara Memerah Asi Dengan Tangan Yang Baik Dan Benar

Pada saat memompa, kadang ASI yang keluar sedikit, bahkan tidak keluar sama sekali. Ada Tips memompa ASI agar melimpah yang wajib ibu ketahui. Ketika ASI tidak keluar pada saat dipompa, jangan disalahkan alatnya terlebih dahulu, mungkin saja cara atau teknik memompa ibu yang salah, silahkan baca petunjuk yang ada pada kemasan pompa ASI. Berikut tipsnya cara memerah asi dengan tangan yang baik dan benar agar pada saat memompa ASI bisa melimpah:

1. Jadwal Pumping Agar ASI Banyak

Penting sekali ibu mengatur jadwal memompa ASI, dan jadwal yang sudah dibuat dilakukan secara konsisten. Dengan sering melewatkan jadwal pumpling akan mengakibatkan produksi ASI akan menurun.

Kesibukan kita sebagai orang tua apalagi sebagai wanita karir yang bekerja di kantoran, tentu ibu harus pandai-pandai mengatur waktu untuk bayi. Kalau perlu buat remaindernya di handphone. Dengan terus konsisten mengikuti jadwal yang sudah dibuat maka secara otomatis ASI ibu akan berlimpah.

2. Pola Makan Ibu Menyusui Agar ASI Banyak

Pola makan yang sehat harus dijaga dan tercukupi karena ini penting untuk menjaga kesehatan ibu. Ibu yang sehat juga akan berpengaruh pada kesehatan bayi. Pilihlah makanan yang begizi dan kaya nutrisi seperti sayur-syuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

3. Pompa ASI Manual Atau Elektrik

Menggunakan pompa ASI yang manual atau elektrik pada prinsipnya sama saja, hanya cara penggunaan dan kemudahan dalam menggunakannya saja yang berbeda. Pompa yang manual penggunaannya dengan bantuan tangan pada saat memompanya, ukurannya juga lebih kecil. Dari segi harga, pompa manual lebih murah.

Sedangkan pompa elektrik memompanya dengan tenaga baterai yang bisa di cas. Dalam penggunaannya agak berisik dan relatif mahal. Terserah ibu mau pilih yang mana, sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

4. Banyak Minum Cairan

Cairan bisa diperoleh dari mengkonsumsi air putih, susu dan jus. Batasi meminum teh dan kopi karena kandungan kafein yang terdapat pada teh dan gula bisa mengakibatkan gangguan tidur pada bayi. Jangan sampai produksi ASI berkurang karena ibu malas minum banyak cairan.

5. ASI Booster Alami

ASI bisa melimpah jika ibu rajin mengkonsumsi makanan seperti sayuran. Ada jenis daun yang bagus untuk ibu menyusui yaitu daun kelor. Daun ini mampu untuk meningkatkan dan melancarkan produksi ASI. Mengkonsumsi oatmeal juga bagus untuk ibu menyusui.

Itulah 5 tips yang bisa ibu lakukan agar produksi ASI meningkat dan berkualitas serta cara memerah asi dengan tangan yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Memerah Asi Dengan Tangan Yang Baik Dan Benar"