Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari. Bayi memiliki jam tidur yang tidak teratur dan sulit diprediksi. Sehingga kita sebagai orang tua terpaksa harus mengikuti jam tidur si bayi. Pada awalnya memang kita sebagai orang tua akan kesulitan, tapi seiring dengan berjalannya waktu kita akan terbiasa.

Butuh kesabaran dalam menghadapi kondisi seperti ini. Kita sebagai orang tua juga harus bisa membagi waktu jam tidur dan saling bekerja sama antara suami dan istri. Terkadang bayi bisa bangun 2 jam sekali, apalagi dia bangun pada saat jam tidur orang dewasa.

Kondisi ini harus kita atur jadwal bangun, mungkin pada jam istirahat suami bisa tidur 4 jam, kemudian baru ibu yang tidur setelahnya, atau bagaimana bagusnya yang terpenting kita bisa siaga pada saat bayi kita bangun.

Jam Tidur Bayi Baru Lahir

Bayi pada usia sebelum 6 bulan memang memang diharuskan minum ASI Eksklusif tanpa adanya Makanan Pendamping ASI. Sehingga proses pencernaan makanannya lebih cepat dan lebih cepat juga bayi lapar. Ini juga berpengaruh pada jam tidurnya yang setiap 2 jam bayi akan bangun.

Dalam hal ini sangat penting menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan bugar. Jangan sampai kita sebagai orang tua malah jadi sakit akibat kurang tidur dan makan yang tidak teratur.

Perbaiki gizi sehingga tubuh kita sebagai orang tua tidak mudah sakit, apalagi seorang ibu harus terus menyusui bayinya setiap 2 - 3 jam sekali. Nutrisinya harus terpenuhi dengan makanan yang bergizi.

Untuk masalah gizi sangat disarankan ibu mengkonsumsi makanan yang alami tanpa bahan pengawet, banyak mengkonsumsi buahan dan sayuran serta minum air putih yang cukup. Dengan konsisten dan sabar menjaga kondisi tubuh maka kita sebagai orang tua tidak perlu khawatir akan perkembangan bayi kita.

Jika perlu ibu bisa mengkonsumsi suplemen pendukung atau vitamin yang aman. Tentu saja terlebih dahulu harus berkonsultasi dengan dokter agar keselamatan ibu dan bayi terjamin.

Jam tidur bayi yang tidak teratur ini tentu saja akan merepotkan ibu apalagi jika ibu menyusui bayinya dengan bantuan alat pompa ASI dengan menampungnya di botol terlebih dahulu.

Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Kondisi bayi tidak bisa menyusui langsung ke ibunya bisa terjadi karena beberapa faktor yang penting adalah susunya tersedia pada saat dibutuhkan, meskipun dengan botol susu. Sedapat mungkin jangan menggunakan susu formula untuk bayi baru lahir kecuali untuk kondisi tertentu misalnya ASI ibu tidak keluar.

Bayi bisa bangun ketika dia merasa lapar dan bisa juga pada saat dia merasa tidak nyaman misalnya popok bayi yang sudah berat dan lembab karena banyak kotoran yang menumpuk. Apabila kondisi ini terjadi ibu bisa segera menggantikan popoknya dengan yang baru dan terlebih dahulu bagian tubuhnya yang kena kotoran harus dibersihkan dengan kain atau kapas yang dibasahi dengan air hangat, atau air biasa. Jangan sampai kondisi ini dibiarkan saja karena bisa mempengaruhi jam tidur bayi.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya menyesuaikan jam tidur dan jam tidur bayi yang tidak teratur memang awalnya terasa berat. Namun seiring berjalannya waktu saya menjadi terbiasa dan mulai menikmatinya.

Kadang badan terasa capek namun yang terpenting selalu sediakan makanan agar ketika bangun di tengah malam dan perut terasa lapar, saya tidak kesulitan harus membeli atau menyiapkannya terlebih dahulu.

Intinya silahkan ibu atur bagaimana sebaiknya agar kita sebagai orang tua bisa menikmati proses pertumbuhan bayi dan bayi juga merasa nyaman. Kesabaran dan tidak gampang mengeluh menghadapi pola tidur bayi yang tidak teratur menjadi kunci menghadapi kondisi ini. Bahkan setelah 6 bulan mungkin si bayi akan lebih rewel lagi dan butuh kesabaran ekstra lagi dalam menghadapinya.

Post a Comment for "Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari"