Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Agar Bayi Cepat Gemuk Dalam 1 Minggu

 Tips Agar Bayi Cepat Gemuk Dalam 1 Minggu

Tips Agar Bayi Cepat Gemuk Dalam 1 Minggu. Ketika ibu melahirkan bayinya dengan penuh perjuangan berharap lahir dengan normal dan sehat misalnya bayi yang lahir dengan berat badan yang normal dan panjang yang ideal.

Namun terkadang ada ibu yang melahirkan bayinya dalam kondisi yang tidak normal misalnya prematur atau lahir sebelum waktunya dan ada juga yang melahirkan melebihi waktu normal. Kejadian tersebut tentu perlu penanganan yang khusus dari dokter dan tenaga medis.

Pada artikel ini kita akan membahas khusus tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu yang pada dasarnya memang lahir sempurna dengan berat badan dan panjang yang ideal. Karena seiring dengan pertambahan usia terkadang bayi tidak mengalami kenaikan berat badan secara proporsional setiap bulannya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya dan itu yang akan menjadi bahan penjelasan pada kesempatan kali ini.

Bayi yang lahir memiliki berat badan yang normal tapi dari siklus bulanan terdapat masalah tidak bertambahnya berat badan bayi, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti faktor gen atau keturunan. Bayi yang baru lahir rata-rata beratnya sekitar 2500 sampai dengan 4500 gram.

Selain faktor genetika faktor lain yang mempengaruhi berat badan bayi adalah nutrisi yang diserap oleh tubuh ibu ketika hamil. Jadi nutrisi sangat mempengaruhi tumbuh kembang bayi di dalam rahim dan pemilihan makanan yang tepat dan sehat selama kehamilan sangat diperhatikan. Pola hidup sehat dan pikiran yang jauh dari stres juga mempengaruhi tumbuh kembang bayi dalam kandungan ibu.

Grafik perkembangan bayi setelah lahir dapat dilihat dari grafik yang tercatat dalam Kartu Menuju Sehat (KMS). Dari grafik tersebut bisa dilihat bagaimana perkembangan bayi dari bulan ke bulan dan menjadi acuan kita apakah bayi berkembang atau tumbuh normal atau malah ada gangguan pertumbuhan. Badan bayi 4 bulan umumnya mengalami pertumbuhan dan bisa dua kali lipat pada saat dilahirkan.

Masalah berat badan bayi bukanlah menjadi patokan bahwa bayi anda tumbuh dengan baik atau tidak tapi ada faktor lainnya yaitu tinggi atau panjang badan bayi. Faktor ini juga harus diperhatikan pada bayi baru lahir dengan cara membandingkan berat badan bayi dan panjang atau tinggi bayi.

Jadi pertimbangan bahwa bayi itu sehat dan berat badannya normal harus memperhatikan faktor lainnya seperti yang dijelaskan diatas yaitu panjang badan bayi, apabila ditemukan ketidakcocokan antar berat badan dan panjang badan maka harus dicari penyebabnya.

Banyak faktor yang mempengaruhi berat badan bayi seperti asupan ASI yang tidak cukup. Menurunnya ASI ibu juga mempengaruhi berat badan bayi sehingga durasi menyusui menjadi singkat. Terkadang faktor bayi sariawan juga mempengaruhi kenyamanan bayi ketika menyusui.

Tips Agar Bayi Cepat Gemuk Dalam 1 Minggu

Pentingnya asupan gizi atau nutrisi yang seimbang pada bayi sangat berperan penting dalam menentukan berat badan bayi dan merupakan tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu. Gangguan pencernaan juga mempengaruhi nafsu makan bayi seperti diare sehingga asupan nutrisi ke tubuh bayi akan berkurang, otomatis berat badan bayi juga turun.

Jika berat badan anak Anda tidak mengalami kenaikan yang signifikan maka ada ada hal-hal tertentu yang menjadi penyebabnya. Berikut ini tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu:

Susu penambah berat badan bayi 0-6 bulan tentu saja ASI. Berikanlah ASI yang berkualitas selama 6 bulan berturut-turut, ASI yang berkualitas ini tentu dihasilkan dari asupan makanan oleh ibu. Makanan penambah berat badan bayi harus mengandung nutrisi cukup agar produksi ASI lancar.

Ibu juga harus bisa menghindari stres karena stres juga mempengaruhi produksi ASI. Jadi meskipun nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu mencukupi namun jika ibu mengalami stres maka akan mempengaruhi juga terhadap produksi ASI jadi keduanya harus seimbang dan dijaga.

Tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu berikutnya adalah terkait dengan MPASI. Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) harus dijadwalkan dan diberikan setelah 6 bulan umur bayi. Pemberian makanan pendamping ASI ini bisa dilakukan dua sampai tiga kali dalam sehari dan porsinya juga harus disesuaikan dengan usia bayi.

Ibu harus memperhatikan kandungan gizinya seperti menambahkan keju atau minyak sayur ke dalam Makanan Pendamping ASI. Komposisi yang seimbang antara sayuran, karbohidrat dan lauk, bisa juga dengan menambahkan cemilan yang sehat dan kaya gizi, diberikan dua kali sehari siang dan sore.

Semoga penjelasan tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu bisa bermanfaat untuk ibu yang kesulitan dalam menaikkan berat badan bayinya dan menambah wawasan pentingnya memberikan gizi yang sempurna pada bayi dan ibu. Kita semua berharap agar anak-anak kita bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Jika ada pengalaman dari ibu silahkan berikan komentar di bawah ini, mari kita saling berbagi pengetahuan dan pengalaman seputar dunia bayi, permasalahannya, solusinya. Dengan begitu kita bisa saling membantu terhadap permasalahan yang mungkin sama-sama kita alami. Terimakasih.

Post a Comment for "Tips Agar Bayi Cepat Gemuk Dalam 1 Minggu"