Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Resep MPASI 6 Bulan Pertama Terbaik

Resep MPASI 6 Bulan Pertama Terbaik

Resep MPASI 6 Bulan Pertama Terbaik. Selama 6 bulan berturut-turut bayi memang sebaiknya diberikan ASI eksklusif tanpa makanan pendamping. Karena pada usia tersebut kerongkongan dan pencernaan bayi belum sempurna untuk bisa menerima makanan lain selain ASI.

Setelah usianya mencapai 6 bulan barulah bisa diberikan makanan pendamping ASI seperti olahan bubur dan sayuran. ASI tetap diberikan pada bayi sampai berumur 2 tahun.

Setelah 6 bulan sistem pencernaan bayi sudah mulai berkembang dan sudah bisa menerima jenis makanan yang padat . Memang tidak harus setelah 6 bulan, terkadang sebelum 6 bulan bayi sudah bisa memakan makanan pendamping ASI. Pada masa ini ibu harus mulai mempersiapkan jenis makanan apa saya yang bisa diberikan pada bayinya.

Bayi setelah 6 bulan sudah mulai dibiasakan dengan makanan yang mengandung nilai nutrisi dan gizi yang beragam selain ASI. Biasanya bayi memberikan tanda-tanda bahwa dia sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI, misalnya ketika diletakkan sendok di dekatnya, dia sudah mulai bereaksi seperti merasa senang dan ingin memegangnya.

Ibu tidak boleh sembarangan dalam memilih jenis makanan pendamping ASI untuk bayinya. Harus selektif dalam memilih makanan, seperti makanan yang mengandung tinggi nutrisi. Karena fungsi dari makanan pendamping ini adalah agar nutrisinya tercukupi dan diserap oleh tubuhnya dengan kandungan gizi yang tinggi sebagai pengganti nutrisi pada ASI.

Sebaiknya sebelum ibu memberikan makanan pendamping ASI, terlebih dahulu memperhatikan tekstur makanannya. Pemberian makanan Pendamping Asi dilakukan secara bertahap dimulai dari teksturnya yang lunak kemudian dilanjutkan dengan makanan yang agak kental dan terakhir bisa menggunakan makanan yang lebih padat.

Tujuannya agar bayi bisa mencerna makanan dengan lebih baik secara bertahap dari yang cair ke padat sehingga kerongkongan bayi akan lebih mudah beradaptasi. Pemberiannya haruslah hati-hati dan pelan-pelan sehingga organ pencernaannya bisa menyesuaikan.

Jenis makanan tertentu terkadang bisa menimbulkan bayi alergi, itulah sebabnya penting memberikan makanan secara perlahan dengan jeda waktu agar kita bisa melihat apakah jenis makanan tersebut dapat membuat bayi alergi.

Jika bayi bereaksi terhadap makanan tertentu maka harus dihindari. Meskipun makanan tersebut mengandung nutrisi yang tinggi namun bisa saja mengandung alergen dan dapat menimbulkan alergi pada bayi maka sebaiknya jangan diberikan lagi dan segera konsultasikan ke dokter.

Kandungan nutrisi yang dibutuhkan bayi pada makanan pendamping ASI (MPASI) harus memenuhi beberapa gizi seperti folat, vitamin, zat besi dan mineral. Ada banyak jenis resep mpasi 6 bulan pertama terbaik yang mengandung kandungan nutrisi tersebut.

Namun ibu harus memperhatikan apakah bahan makanan tersebut masih segar atau tidak, apakah ada zat pengawet pada makanan tersebut. Tidak sulit sebenarnya mencari resep mpasi 6 bulan pertama terbaik yang alami dan tanpa bahan pengawet, hanya perlu kejelian dan ketelitian ibu saja dalam memilih makanan tersebut.

Jika ibu sudah memutuskan memberikan salah satu jenis makanan, maka berikanlah makanan tersebut selama 3 hari berturut-turut tanpa tambahan makanan pendamping lainnya. Ini bertujuan apakah bayi bisa menerima jenis makanan tersebut dan tidak menimbulkan alergi.

Cara ini juga berfungsi untuk mendeteksi apakah bayi alergi terhadap jenis makanan tertentu. Setelah 3 hari baru bisa diketahui apakah bayi tidak bermasalah dengan jenis makanan tersebut atau malah menimbulkan alergi.

Pemberian ASI sudah mulai dikurangi apabila bayi mulai bisa mengonsumsi makanan pendamping ASI dengan normal dan dalam jumlah yang ideal. Pengurangan asupan ASI ini harus secara bertahap dan perlahan dikurangi agar bayi bisa beradaptasi secara perlahan-lahan dan pemberian MPASI juga dilakukan penambahan secara bertahap. Pada tahap ini bayi sudah mulai mengeksplorasi rasa makanan baru.

Resep MPASI 6 bulan pertama terbaik bisa diperoleh dengan mengolahnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang sudah di beli. Namun jika ibu tidak mau repot mungkin bisa membeli langsung di supermarket atau toko online.

Tapi ibu harus selektif dan hati-hati dalam memilih makanan yang di beli di supermarket karena banyak yang diawetkan dan menggunakan bahan pengawet makanan yang berbahaya apalagi jika diberikan kepada bayi. Jangan sampai ibu mengorbankan kesehatan bayi hanya karena tidak ingin repot mengolah sendiri makanan pendamping ASI.

Sebaiknya ibu berkorban waktu dan tenaga untuk menyiapkan resep MPASI 6 bulan pertama terbaik sehingga terjamin kandungan nutrisi dan gizi pada makanan tersebut. Apalagi prosesnya juga sesuai dengan keinginan kita dan terjaga kebersihannya.

Pada umumnya jenis makanan yang bisa diberikan pada bayi adalah bubur lunak. Begitu juga dengan buah-buahan yang terlebih dahulu dilunakkan agar bayi mudah menelan dan mencernanya.

Resep MPASI 6 Bulan Pertama Terbaik

Bubur merupakan jenis makanan yang biasa diberikan pada bayi sebagai makanan pendamping. Ada beberapa jenis bubur bayi yang bisa ibu berikan tentu saja dengan memperhatikan kandungan gizi pada bubur tersebut dan tekstur dari bubur tersebut yang mudah ditelan dan dicerna.

1. Bubur Susu Kentang

Dari namanya berarti bahannya terbuat dari kentang dan susu. Cara membuatnya sama dengan membuat bubur susu. Pertama siapkan kentang yang sudah dikupas kulitnya kemudian direbus atau bisa juga di kukus dan dipotong kecil-kecil.

Susu formula dicampur dengan kentang yang sudah dikukus tadi. Kentang yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan susu kemudian di blender supaya halus dan merata adonannya. Siap disajikan untuk si kecil.

2. Bubur Susu

Jenis bubur yang satu ini sangat umum dan mudah membuatnya, tidak perlu keahlian khusus dan pembuatannya tidak terlalu lama.

Bubur susu ini sangat baik diberikan pada bayi, prosesnya hanya memerlukan bahan tepung beras ditambah susu formula yang dicampur kemudian diaduk sampai merata, selanjutnya dimasak dengan api kecil hingga adonannya mendidih. Setelah campuran tersebut merata dan terlihat kental maka sudah bisa diberikan pada bayi setelah didinginkan.

3. Bubur Sayur

Sayur yang digunakan di sini adalah sayur brokoli yang dipotong-potong menjadi kecil selanjutnya di kukus dengan alat pengukus. Ibu juga bisa menggunakan jenis sayuran lain, tidak harus brokoli.

Bisa juga dengan mengkombinasikan jenis sayuran yang lain. Susu bubuk formula ibu tambahkan kemudian dicampur dan diaduk rata dengan menggunakan blender. Sisa susu formula tadi dicampurkan lagi dengan bahan tadi dan diaduk sampai merata.

Bayi setelah 6 bulan sudah boleh diberikan makanan pendamping, tidak hanya jenis bubur, tapi makanan lainnya juga bisa diberikan. Selain makanan pendamping ASI seperti bubur, ada jenis makanan lainnya yang bisa diberikan. Tentu saja dengan memperhatikan kandungan nutrisinya seperti vitamin dan mineral.

1. Brokoli

Resep MPASI 6 bulan pertama terbaik selanjutnya adalah brokoli. Untuk mendapatkan manfaat yang tinggi biasanya brokoli dimakan mentah-mentah atau dikukus. Bukan hanya sebagai menu utama orang dewasa sebagai olahan sayur baik itu ditumis dengan campuran kaldu yang gurih sebagai santapan yang nikmat.

Namun brokoli juga bisa sebagai bahan makanan untuk bayi. Brokoli merupakan sejenis sayuran yang kaya manfaat, tentu saja sangat bagus sekali jika diolah dan menjadi makanan pendamping ASI selain bubur.

Brokoli mengandung serat, sulfur, kalsium yang tinggi. Penyajiannya sangat mudah hanya dengan merebusnya namun terlebih dahulu di potong kecil-kecil lalu siap disantap setelah dingin. Manfaatnya untuk bayi sangat banyak sekali seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, memperkuat tulang dan masih banyak manfaat lainnya.

2. Labu Kuning

Labu kuning biasanya diolah menjadi sejenis kolak dengan campuran santan dan gula merah. Sangat enak dinikmati sebagai bukaan pada bulan ramadhan. Bukan hanya untuk orang dewasa yg bisa menikmati jenis makanan ini, tapi pada bayi juga bisa diberikan.

Makan yang kaya akan serat ini banyak sekali mengandung vitamin seperti vitamin A, K dan C. Pemberian Labu kuning ini pada bayi bisa diolah dengan merebusnya terlebih dahulu setelah dibersihkan, keju juga bisa ibu tambahkan untuk menambah rasa pada olahan labu ini.

3. Pisang

Pisang bisa diolah menjadi bubur pisang atau bisa langsung dengan melumatnya sehingga menjadi halus. Pisang sangat tinggi kandungan nutrisinya seperti serat, protein, vitamin dan lain-lain.

Pemilihan pisang haruslah yang sudah matang dengan sempurna dan hanya pisang jenis tertentu saja yang cocok untuk bayi, misalnya pisang kepok, pisang ambon, pisang susu, pisang emas, dan pisang cavendish.

Itulah resep MPASI 6 bulan pertama terbaik, semoga bermanfaat dan bayi kita bisa tumbuh dan berkembang dengan sempurna.

Post a Comment for "Resep MPASI 6 Bulan Pertama Terbaik"