Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Posisi Tidur Bayi Yg Benar

Posisi Tidur Bayi Yg Benar

Posisi Tidur Bayi Yg Benar. Melihat bayi yang tidur pulas merupakan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua namun Tahukah anda bahwa tidak semua bayi yang tidur pulas itu sehat. kadang kita tidak memperhatikan kondisi lingkungan sekitar tempat bayi tidur misalnya kebersihan kasurnya nya, suara-suara yang bisa mengganggu tidurnya atau mungkin debu.

Hal ini harus kita perhatikan sebagai orang tua dan tidak menganggap remeh hal yang sepele. Jadi ketika kita melihat bayi sudah tertidur pulas jangan kita anggap urusan bayi sudah selesai tapi ada hal lain yang perlu kita perhatikan seperti yang saya sebutkan diatas.

Seperti orang dewasa juga memerlukan waktu istirahat atau waktu tidur yang berkualitas. menghindari gangguan gangguan yang mungkin datang secara tiba-tiba seperti suara berisik. dan itu bisa membuat kita terbangun secara tiba-tiba sehingga tidur kita tidak nyenyak, terkadang bisa mengakibat stres jika kerja secara terus menerus.

Posisi Tidur Bayi Yg Benar

Apalagi jika ini terjadi pada bayi yang masih dalam proses pertumbuhan dan semua organ tubuhnya belum berfungsi secara optimal tentu akan berakibat pada pertumbuhan si bayi tersebut. Pada bulan pertama atau bulan kedua umur si bayi Panca indranya belum berfungsi secara optimal tapi seiring dengan berjalannya waktu fungsi tersebut mengalami peningkatan. Oleh sebab itu perlu diperhatikan kondisi lingkungan tempat tidurnya

Tidur yang baik dan cukup bagi bayi merupakan syarat tumbuh kembang otak sehingga membuat bayi menjadi lebih cerdas berakal dan berpikir jernih. Jadi sebaiknya bayi harus tidur secara optimal karena mampu merangsang otak untuk berkembang dengan lebih baik.

Ketika bayi tidur sebaiknya dihindari suara-suara yang dapat mengganggu proses tidurnya si bayi karena ketika tidur otaknya beristirahat, ketika terdengar suara-suara akan mengganggu proses tidurnya. Terkadang ketika kita melihat bayi yang lagi tidur dia tersentak pada saat mendengar suara-suara, hal ini ini perlu kita jaga agar bayi tidak kaget.

Hormon pertumbuhan pada bayi sebanyak 75% dikeluarkan pada saat kondisi bayi lagi tidur. Sehingga perlu diatur posisi tidur bayi yg benar, karena pada tahap inilah bahwa hormon tersebut berkembang. Perkembangan kondisi fisik bayi juga dipengaruhi oleh metabolisme tubuh dan metabolisme tersebut juga berkaitan dengan hormon pertumbuhan tersebut.

Pertumbuhan sel-sel atau jaringan-jaringan pada bayi misalnya jaringan kulit, sel otak juga dipengaruhi oleh hormon pertumbuhan tersebut dan bisa terbentuk pada saat kondisi bayi sedang tidur dan tentu saja tidur yang berkualitas dan senyaman mungkin.

Disini perlu diciptakan posisi tidur bayi yg benar atau kondisi dan ruangan tempat bayi tidur yang ditata senyaman mungkin sehingga bayi yang tidur tidak terganggu dengan suara-suara di luar atau bunyi-bunyian yang bisa mengganggu bayi ketika sedang tidur.

Pencahayaan pada ruangan tempat bayi tidur juga harus diatur sebaik mungkin meskipun bayi yang baru lahir belum bisa mengenali atau melihat cahaya tetapi dalam proses tumbuh kembangnya dia mulai bisa membedakan cahaya karena panca indera penglihatannya juga sudah mulai berkembang meskipun belum optimal.

Aliran darah ke otak akan meningkat pada saat bayi sedang tidur sehingga sangat baik sekali untuk pertumbuhan susunan sarafnya. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah suhu ruangan yang tidak terlalu dingin.

Bayi yang sering terbangun atau terganggu tidurnya akan mempengaruhi atau mengalami gangguan kepercayaan ketika bayi sudah tumbuh besar nantinya. Di awal kelahiran bayi umumnya bayi bisa tidur sekitar 16 sampai 12 jam dalam sehari tentu saja siklus ini lebih panjang jika dibandingkan dengan siklus tidur orang dewasa.

Bayi tidur juga harus diperhatikan Apakah dia buang air besar atau buang air kecil, jadi popoknya juga harus dilihat apakah kotor atau tidak. Popok yang kotor bekas buang air besar atau buang air kecil akan mengakibatkan si bayi tidur dengan tidak nyaman dan biasanya dia akan gelisah terus. Penting sekali untuk mengetahui kondisi bayi sebelum tidur agar tidur bayi bisa berkualitas dan nyaman.

Kadang bayi sakit juga disebabkan oleh pola tidur yang kurang baik, misalnya tidur yang tidak nyaman sering terganggu oleh suara-suara. Hal itu akan mengakibatkan kurang efektifnya tidur bayi. Apabila bayi kurang tidur atau terganggu tidurnya maka akan mempengaruhi sistem metabolismenya dan kadar sel darah putih yang ada dalam tubuhnya juga mengalami penurunan.

Jika sel darah putih pada bayi mengalami penurunan maka bayi akan lebih mudah terserang virus, daya tahan tubuhnya juga akan menurun. Sehingga mudah sakit-sakitan dan tentu saja berakibat pada pertumbuhan si bayi akan terganggu. Posisi tidur bayi yg benar dan berkualitas sangat diperlukan oleh bayi yang masih dalam proses pertumbuhan, pentingnya mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh bayi ketika dia tidur dan apa saja yang harus dihindari ketika bayi tidur.

Jadi pada prinsipnya bayi mengalami perkembangan atau pertumbuhan ketika ia dalam kondisi tidur. Aturlah dan buatlah lingkungan tidur bayi senyaman mungkin dan sebaik mungkin sehingga metabolisme tubuhnya bisa berfungsi dengan baik dan perkembangannya juga tidak terhambat.

Hal ini mungkin terlihat atau terdengar sederhana namun berakibat fatal pada bayi jika dibiarkan terus-menerus. Untuk itu pentingnya pengetahuan dalam perkembangan bayi misalnya pada saat bayi tidur juga harus diperhatikan.

Jadi ketika bayi setelah menyusui terlebih dahulu tentu harus disendawakan agar nanti tidak mengalami gumoh atau muntah. Menggendong bayi yang sudah disusui sekitar 30 menit dan biarkan dia sendawa terlebih dahulu, kemudian baru dibaringkan atau ditidurkan dengan posisi tidur bayi yg benar. Biasanya bayi setelah menyusui akan mengantuk dan tertidur di pangkuan ibunya

Semoga artikel tentang posisi tidur bayi yg benar bisa menambah wawasan Ibu bagaimana cara membuat tidur bayi menjadi nyaman dan berkualitas sehingga perkembangan bayi menjadi Optimal.

Mungkin ada kekurangan dari materi yang saya sampaikan pada artikel ini karena keterbatasan.Untuk ibu yang ingin mengetahui lebih jelas dan detail nya bisa langsung menghubungi dokter spesialis anak. Terima kasih

Post a Comment for "Posisi Tidur Bayi Yg Benar"