Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penyebab Rambut Bayi Rontok

penyebab rambut bayi rontok

Penyebab Rambut Bayi Rontok. Merupakan kebahagiaan tersendiri bagi pasangan suami istri ketika mereka dikaruniai seorang bayi lucu. Kebahagiaan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Bayi yang baru lahir tentu perlu perlakuan khusus karena secara fisik belum berkembang. Seperti banyak yang ditanyakan oleh orang tua tentang rambut bayi yang rontok, apakah hal tersebut aman atau tidak. Dan apa yang menjadi penyebab kerontokan pada rambut bayi tersebut. Hal inilah yang akan menjadi topik pembahasan kali ini.

Apa saja yang menjadi penyebab rambut bayi rontok? Biasanya menjelang umur bayi 6 bulan kerontokan rambut pada bayi sering terjadi. Kerontokan rambut pada bayi bisa anda lihat misalnya ketika mengusap kepala bayi ketika memandikannya, atau pada handuk setelah mengusap kepalanya. Atau kerontokan rambut juga terlihat dibantal tempat tidur bayi.

Hal ini merupakan proses pada si bayi yang memasuki siklus pertumbuhan baru, karena pertumbuhan rambut terkadang bisa bersamaan dengan kerontokan rambut. Tapi bisa jadi pertumbuhan rambutnya lebih lama sehingga bayi terlihat botak untuk sementara.

Penyebab Rambut Bayi Rontok

Kerontokan rambut pada bayi tidaklah berbahaya, terkadang rambut yang baru tumbuh lebih kasar dan gelap. Penyebab rambut bayi rontok biasanya masalah medis. Berikut akan saya jelaskan apa saja yang menjadi penyebab kerontokan rambut pada bayi:

1. Terjadi Gesekan

Bayi memang banyak sekali gerakannya terutama ketika dibaringkan di tempat tidur. Pada saat tidur inilah banyak terjadi gesekan kepala bayi ke bantal, dan hal ini bisa menyebabkan rambut si bayi rontok. Menidurkan bayi lebih di sarankan pada posisi telentang untuk menghindari sindrome kematian bayi mendadak. Tapi anda tidak perlu khawatir jika pada si bayi terjadi kerontokan rambutnya karena hal ini bersifat sementara dan akan tumbuh kembali.

2. Alopecia Areata

Kerontokan rambut bayi hanya pada bagian tertentu saja, penyebabnya adanya kelainan sistem kekebalan pada tubuh si bayi sehingga dapat menghancurkan sel-sel di rambut bayi yang sehat. Kondisi ini sangat jarang ditemui pada bayi yang berusia di bawah 6 bulan.

3. Telogen Effluvium

Tempat tumbuhnya helaian rambut ketika bayi lahir disebut folikel yaitu berupa kantong kecil di kulit kepala. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kerontokan seperti perubahan hormon, stress dan demam. Kondisi ini hanya bersifat sementara dan rambut bayi akan segera tumbuh.

4. Cradle cap

Cradle cap ini tidak diketahui secara pasti apa saja yang menjadi penyebabnya, ciri-cirinya ditandai adanya bercak-bercak kadar pada kepala bayi, terlihat seperti bersisik dan ada yang berbentuk seperti ketombe dan mengeras. Penyebabnya karena banyaknya minyak pada kepala bayi dan memicu tumbuhnya jamur dan ada juga dipengaruhi oleh perubahan hormon. Kondisi ini umum terjadi dan berlangsung sekitar beberapa minggu saja. Anda harus berhati-hati ketika membersihkan rambut si bayi karena bisa saja anda mencabut rambut si bayi.

5. Kurap

Jamur merupakan penyebab kurap atau tinea kapitis pada bayi. Biasanya ada tanda-tanda yang bisa dilihat pada kuit bayi seperti ruam merah, kemudian adanya bulatan seperti bentuk cincin, pada bagian kepala bayi terlihat seperti bersisik. Kurap ini pada umumnya tidak berbahaya tapi harus diperhatikan juga kebersihan bayi karena kurap ini sifatnya bisa menular.

Ada beberapa kondisi secara medis yang menjadi penyebab rambut bayi rontok seperti hipotiroidisme. Pentingnya menjaga kebersihan kepala bayi dan berhati-hati ketika memegang kepala bayi merupakan hal yang harus anda perhatikan. Meskipun kerontokan rambut pada bayi bukan saja karena faktor hormon tapi ada juga karena faktor dari luar seperti kebersihan.

Kerontokan rambut pada bayi sebenarnya merupakan hal yang wajar, tidak ada perlakuan khusus yang perlu anda lakukan. Dalam jangka waktu 1 tahun rambut bayi sudah tumbuh kembali.

Semoga informasi mengenai penyebab kerontokan pada bayi bisa menambah pengetahuan kita semua dan bermanfaat tentunya. Bayi adalah investasi kita dan harus kita jaga dengan baik agar tumbuh dan berkembang dengan sehat. Perhatian khusus yang kita berikan pada si bayi merupakan suatu keharusan, Terimakasih

Post a Comment for "Penyebab Rambut Bayi Rontok"