Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penyebab Bayi Lahir Tidak Menangis

 Penyebab Bayi Lahir Tidak Menangis

Penyebab Bayi Lahir Tidak Menangis. Bayi lahir ke dunia merupakan impian semua pasangan yang sudah menikah. Mendengarkan tangisan bayi yang baru lahir ada kesenangan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Menangis adalah cara bayi dalam merespon dunia barunya, dunia yang selama ini belum dikenalnya semenjak dalam rahim ibunya. Semuanya akan berubah setelah bayi lahir ke dunia, tidak ada lagi makanan otomatis yang langsung dari plasenta, tidak ada lagi suhu yang dan kondisi senyaman rahim ibu.

Terlepas dari semua hal tersebut, mau tidak mau bayi sudah lahir ke dunia dan secara otomatis akan menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Respon pertama dari bayi ketika lahir adalah dengan menangis sebagai indikator bahwa fungsi organ tubuhnya bekerja dengan baik seperti paru-parunya.

Penyebab bayi lahir tidak menangis menandakan ada sesuatu yang tidak normal, dan bisa saja berdampak buruk untuk si bayi misalnya adanya gangguan pernafasan. Disamping itu mungkin menjadi penyebab gangguan berbicara nantinya.

Kondisi seperti ini tidak bisa dianggap enteng oleh ibu yang baru melahirkan. Mungkin ada yang menganggap bayi tidak menangis saat lahir adalah hal yang wajar, namun itu adalah pemahaman yang keliru dan perlu diluruskan.

Di daerah-daerah terpencil misalnya jika ada ibu yang melahirkan akan dibantu oleh dukun beranak. Sedangkan pengetahuannya tentang persalinan yang baik sangat minim sehingga mengabaikan hal-hal yang tidak diinginkan.

Penyebab Bayi Lahir Tidak Menangis

Berikut akan kita bahas apa saya yang menjadi penyebab bayi tidak menangis saat lahir:

Tangisan bayi baru lahir adalah hal yang normal dan kondisi tersebut sebaiknya terjadi. Banyak sekali faktor penyebab bayi lahir tidak menangis misalnya kondisi pada proses kehamilan ibu sebelum persalinan, penyebabnya antara lain

Penyakit Diabetes Melitus

Diabetes Melitus Gestasional (DMG) merupakan kondisi dimana ibu menderita penyakit diabetes melitus sehingga dapat mengakibatkan bayi lahir dalam keadaan tidak normal sehingga ada kondisi tertentu yang menjadi penyebab bayi lahir tidak menangis.

Hal ini terjadi karena tidak lancarnya pernafasan bayi pada saat lahir. Disamping itu ibu yang menderita penyakit diabetes akan beresiko melahirkan bayi dengan berat badan berlebih atau ukuran tubuh bayi yang lebih besar.

Penyebabnya karena tingginya kadar gula pada ibu yang sedang hamil sehingga lemak yang menumpuk pada tubuh bayi akibat dari produksi insulin yang berlebih akan mempengaruhi bayi sulit bernafas dan berefek pada bayi tidak menangis saat lahir.

Pendarahan

Terjadinya pendarahan pada antepartum yang terjadi pada saat sebelum persalinan. Penyebab terjadinya pendarahan ini adalah karena plasenta yang menjadi penghubung antara ibu dan bayi terlepas ketika bayi masih dalam kandungan, penyebab lainnya terdapat pada tali pusat bayi berupa kelainan insersi. Faktor ini juga bisa menjadi penyebab bayi lahir tidak menangis.

Infeksi Yang Terjadi Pada Ibu Hamil

Kondisi terjadinya infeksi pada wanita hamil bisa mengakibatkan IUGR (Intrauterine Growth Restriction) atau kondisi dimana terhambatnya pertumbuhan janin sehingga tidak seimbang antara berat badan bayi dengan usia kehamilan ibu. Kondisi ini bisa mengakibatkan bayi tidak bisa menangis ketika lahir.

Sempit Panggul (Disproportio sefalo pelvik)

Bagi ibu yang memiliki kondisi sempit pinggul memang perlu penanganan khusus agar bisa melahirkan dengan cara operasi, Namun ibu yang memiliki sempit pinggul juga bisa berakibat pada kondisi janinnya.

Bayi akan kesulitan menekan serviks sehingga terjadi pecah ketuban sebelum waktunya sehingga mengakibatkan bayi sulit bernafas. Kondisi ini sering terjadi di masyarakat umumnya dan jika penanganannya cepat baik oleh tenaga medis yang berpengalaman maka tidak akan menjadi hal yang perlu dikhawatirkan.

Penyebab bayi lahir tidak menangis lainnya yang perlu ibu perhatikan adalah air ketuban yang berwarna hijau. Kondisi ini terjadi karena overdue atau kehamilan yang sudah lewat waktunya sehingga menurunkan fungsi dari plasenta. Bisa juga terjadi karena plasenta dalam kondisi tertekan.

Itulah penyebab bayi tidak menangis sebelum persalinan yang perlu ibu waspadai. Ada juga penyebab bayi tidak menangis yaitu selama masa persalinan. Banyak sekali faktor penyebabnya seperti bayi yang lahir prematur, bayi kembar, terdapatnya tumor pada rahim ibu dan penyebab lainnya. Khusus untuk bayi prematur terdapat kondisi dimana paru-paru bayi belum berkembang dengan baik sehingga bayi akan kesulitan bernafas.

Kondisi di dalam rahim dengan di luar lahir sangat berbeda. Bayi ketika lahir secara otomatis menyesuaikan dengan kondisi luar dengan perubahan suhu, udara, cahaya dan asupan nutrisi. Dengan cara menangis menunjukkan bayi merespon keadaan tersebut dengan normal sehingga semua anggota atau organ tubuhnya bekerja dengan normal.

Yang terpenting dalam menangani bayi yang lahir tidak menangis adalah menjaga bayi tetap dalam keadaan bersih setelah dilahirkan. Tutup bagian tubuh bayi dengan kain yang kering dan lembut serta bersih.

Selanjutnya lakukan tindakan medis dengan bantuan alat yang dimasukkan ke dalam mulut bayi untuk memasok oksigen ke seluruh anggota tubuhnya. Sangat penting melakukan tindakan yang cepat dan tepat dalam menangani kasus seperti ini. Pemilihan tempat persalinan dengan kelengkapan fasilitas kesehatan menjadi prioritas utama ibu.

Itu saja pembahasan mengenai apa saja penyebab bayi lahir tidak menangis dan apa saja tindakan yang perlu dilakukan untuk menghadapi kondisi tersebut. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Penyebab Bayi Lahir Tidak Menangis"