Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengobati Cegukan Pada Bayi

Mengobati Cegukan Pada Bayi

Mengobati Cegukan Pada Bayi. Kebahagian ketika kita melihat bayi kecil mungil dan lucu tubuh sehat tanpa ada masalah. Namun bagaimana jika yang terjadi sebaliknya seperti cegukan pada bayi yang menjadi kekhawatiran kita apa sebenarnya yang terjadi, Apakah berbahaya atau tidak.

Sebenarnya anda tidak perlu khawatir jika bayi cegukan, karena ini merupakan hal yang normal terjadi pada bayi dan bukan sesuatu yang membahayakan. Kadang cegukan pada bayi merupakan pertanda bahwa bayi tumbuh normal. Biasanya cegukan pada bayi terjadi semenjak bayi baru lahir sampai usia bayi 1 tahun.

Bayi Cegukan Dalam Kandungan

Terkadang ketika ibu sedang hamil mengalami sentakan atau seperti tendangan halus berkali-kali, ada kemungkinan hal tersebut terjadi karena si bayi sedang cegukan. Karena faktanya bayi bisa cegukan ketika masih berada di dalam kandungan dan biasanya terjadi pada umur kehamilan sudah memasuki 9 minggu. Sebenarnya si ibu sudah bisa mengenali si bayi cegukan di dalam rahim pada saat usia kandungan sudah 6 bulan.

Bayi Cegukan Bolehkah Disusui

Seperti pada penjelasan di atas bahwa cegukan pada bayi merupakan hal yang lumrah terjadi. Gangguan pada diafragma pada umumnya yang menjadi penyebabnya sehingga otot lah yang membantu dalam proses pernapasan.

Hal ini tidaklah membahayakan bagi si bayi tapi bagi ibu tetaplah menjadi kekhawatiran apakah bayi yang cegukan boleh disusui atau tidak? Menurut dokter bahwa boleh saja menyusui bayi ketika cegukan, namun yang perlu diperhatikan adalah posisi pada saat menyusui si bayi.

Mengobati Cegukan Pada Bayi

Jadi posisi yang bagi untuk menyusui adalah puting dan areola masuk ke dalam mulut si bayi dan posisi bayi harus sejajar garis lurus dengan lengan bayi, kemudian perut ibu harus berhadapan dengan perut bayi. Jika posisi salah maka hal inilah yang menjadi penyebab bayi mengalami cegukan.

Bayi Cegukan Saat Tidur

Bagaimana halnya jika bayi cegukan pada saat tidur? Hal ini tidak umum terjadi pada bayi, namun bisa terjadi jika ada kondisi tertentu. Singultus atau dalam bahasa awam disebut cegukan merupakan kondisi yang datang secara tiba-tiba dan tidak bisa dikendalikan.

Tentunya menyendawakan bayi setelah menyusui merupakan cara mengobati cegukan pada bayi karena udara yang masuk ke mulut bayi pada saya menyusui. Tapi bagaimana halnya jika bayi cegukan pada kondisi tidak terjaga atau pada saat tidur? ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya:

  1. Gangguan tidur yang dialami bayi atau biasa disebut gangguan tidur Apnea. Terkadang kondisi ini bisa menyebabkan bayi sulit bernafas dan berhenti bernafas sementara pada saat tidur.
  2. Bisa disebabkan oleh adanya kondisi medis tertentu atau penyakit tertentu yang dialami si bayi
  3. Penyakit diabetes, gangguan pada ginjal bayi juga bisa merupakan faktor bayi cegukan pada saat tidur, karena berkaitan dengan sistem metabolisme.
  4. Adanya perubahan tekanan darah pada bayi dan tidak normalnya pola pernafasan yang dapat memicu cegukan pada saat tidur.

Jadi apa yang harus dilakukan ketika bayi cegukan pada saat tidur? berikut langkah-langkah mengobati cegukan pada bayi saat tidur, Pertama bayi pada saat menyusui harus dalam posisi yang benar seperti penjelasan di atas, kedua setelah selesai menyusui segera menyendawakannya dan jangan ditidurkan terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya adalah segera susui bayi yang sedang cegukan, tentunya bayi yang sedang tidur diangkat terlebih dahulu dan di susui. Seperti halnya orang dewasa ketika cegukan pasti mencari air putih untuk diminum. Terakhir jika cegukan pada saat tidur sering terjadi maka segeralah konsultasi dengan dokter untuk mencari tahu apa penyebabnya dan lebih cepat juga penanganannya kepada si bayi.

Apabila anda melihat Bayi Cegukan Setiap Hari, hal itu sangat wajar untuk kondisi tertentu karena cegukan pada bayi ada bermacam-macam penyebabnya dan jika terjadi setiap hari itu tergantung dari apa saja yang menjadi penyebabnya seperti dijelaskan pada artikel di atas. Kenali lebih awal faktor penyebabnya, apakah hal yang wajar atau perlu penanganan khusus dari dokter.

Bayi Cegukan Setelah Tertawa

Bayi yang cegukan setelah tertawa juga sering terjadi pada bayi. Pada prinsipnya sama saja dengan faktor lainnya yaitu karena udara atau gas yang masuk ke dalam tubuh bayi. Karena pada saat tertawa tanpa disengaja udara bisa masuk ke mulut secara berlebihan dan tertahan di dalam perut.

Hal inilah yang menyebabkan bayi cegukan setelah tertawa. Cara mengobati cegukan pada bayi bisa anda lakukan seperti penjelasan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat, Silahkan tinggalkan komentar jika perlu dan dengan senang hati akan kami jawab jika ada pertanyaan, terima kasih

Post a Comment for "Mengobati Cegukan Pada Bayi"