Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menurunkan Kuning Bayi Dengan Cepat

Cara Menurunkan Kuning Bayi Dengan Cepat

Cara Menurunkan Kuning Bayi Dengan Cepat. Semua orang tua tentu menginginkan bayi mereka lahir ke dunia ini dalam keadaan sehat dan normal. Namun tidak semua bayi yang lahir ke dunia ini dalam keadaan normal, seperti penyakit bayi kuning (jaundice). Penyakit ini sebenarnya hal yang wajar terjadi pada bayi yang baru lahir dan bisa dianggap normal jika ditangani oleh tim medis secara intensif. Pada umumnya bayi kuning terjadi pada bayi berumur 2 sampai 3 hari setelah lahir dan lebih sering terjadi pada bayi yang lahir secara prematur.

Pada artikel ini saya akan membahas apa itu bayi kuning dan cara menurunkan kuning bayi dengan cepat serta tindakan apa yang harus dilakukan. Seperti nama penyakitnya dimana terdapat perubahan warna pada kulit bayi menjadi kekuningan juga pada matanya terlihat berwarna putih. Jadi pada bayi yang baru lahir secara medis kondisi ini diakibatkan oleh naiknya bilirubin dalam darah si bayi. Bilirubin inilah yang menggantikan sel darah merah pada bayi yang baru lahir yang diproduksi oleh tubuh.

Biasanya gejala awal yang terlihat adalah perubahan warna kulit pada bayi seperti warna hijau kekuningan dan pada matanya terlihat menguning. Kadar bilirubin yang normal pada bayi adalah 0-1 mcg dan bisa naik sampai 12 mcg pada hari ke 7.

Bayi Kuning Normal Berapa Lama

Biasanya kulit bayi kuning bisa kembali normal dalam jangka waktu sekitar 1 minggu. Itulah pentingnya ASI (Air Susu Ibu) diberikan kepada bayi yang baru lahir karena mampu melindungi tubuh bayi dari serangan penyakit karena ASI banyak sekali mengandung zat alami yang dibutuhkan tubuh bayi dimana sistem metabolismenya masih belum sempurna. Apabila kondisi bayi kuning lebih dari 1 minggu maka segeralah konsultasikan ke dokter guna dilakukan pengecekan lebih lanjut apakah berbahaya atau tidak dan jika berbahaya bisa secepatnya dilakukan tindakan medis.

Ada kondisi tertentu dimana bayi kuning tapi aktif menyusui dan sehat. Kondisi bayi ini biasa disebut dengan Breast milk jaundice yaitu adanya pengaruh aktivitas menyusui sehingga bayi menjadi kuning dan biasanya berlangsung selama 3 bulan Kondisi ini sangat jarang ditemukan tapi normal terjadi pada bayi karena bayi masih aktif menyusui dan sehat.

Cara Menurunkan Kuning Bayi Dengan Cepat

Secara kasat mata kita bisa melihat ciri bayi kuning sudah sembuh yaitu terlihat warna pada kulit si bayi sudah kembali normal. Caranya adalah menekan pada bagian tubuh bayi seperti tangan, dahi atau kakinya. Jika setelah ditekan warna kulit bayi sudah tidak kuning lagi maka bisa dipastikan bayi sudah normal. Tapi jika setelah ditekan dengan jari masih terlihat warna kuning pada permukaan kulitnya maka bayi belum sembuh.

Ciri lainnya adalah sudah normalnya kadar bilirubin, hal ini diketahui jika sudah dilakukan pengecekan darah dan jika kadar bilirubinnya sudah di bawah 5 mg/dL maka bisa dibilang kondisi bayi sudah kembali normal.

Tanda bayi kuning sembuh lainnya yaitu jika bayi terlihat lebih segar dan aktif dibanding kondisi sebelumnya. Karena jika bayi sakit akan mempengaruhi kondisi fisik bayi dan terlihat tidak segar. Perubahan warna feses menjadi ciri bayi kuning sudah sembuh. Ini bisa dilihat dari warna fesesnya sudah berwarna kuning cerah (Golden Feses), dibanding warna sebelumnya warna pup bayi kuning pucat dan keabu-abuan. Tanda lainnya adalah si bayi sudah kembali normal dan bisa menikmati ASI (Air Susu Ibu) dengan lancar dan bisa menikmatinya karena anggota tubuhnya tidak menolak.

Fototerapi pada bayi kuning

Perawatan bayi kuning dengan Fototerapi merupakan cara menurunkan kuning bayi dengan cepat. Pada Prinsipnya perawatan ini menggunakan sinar ultraviolet yang bertujuan untuk mengurangi kadar bilirubin yang menjadi penyebab bayi kuning setelah lahir. Mungkin anda bertanya berapa biaya terapi sinar bayi kuning? Untuk biaya itu relatif dan tergantung fasilitas pendukung, pengobatan dan perawatannya. Anda bisa menanyakan langsung ke dokter dan rumah sakit tempat anda tinggal.

Makanan Ibu Menyusui Untuk Bayi Kuning

Untuk ibu tentu harus diperhatikan nutrisi yang dikonsumsi agar si bayi tidak kena penyakit tersebut, salah satunya adalah dengan rutin mengkonsumsi suplemen alami bisa berupa teh tertentu dan untuk jenis tehnya bisa anda cari tahu di internet atau konsultasikan dengan dokter anak. Kemudian apa saja cara menurunkan kuning bayi dengan cepat di rumah? tentu saja dengan cara seperti yang saya jelaskan diatas yaitu dengan ASI yang rutin setiap 2-3 jam, menjemurkan bayi di pagi hari agar mendapat sinar ultraviolet.

Perbedaan Golongan Darah

Perbedaan golongan darah antara ibu dan bayi juga faktor penyebab bayi mengalami penyakit ini, karena ibu menghasilkan antibodi yang bisa menghancurkan sel darah merah si bayi. Misalnya golongan darah ibu O sedangkan bayi bergolongan darah selain O misalnya A, B, atau golongan darah AB dan sebaliknya.

Mengatasi bayi kuning karena perbedaan golongan darah harus cepat dilakukan dan segera konsultasikan ke dokter anak karena jika tidak diatasi dengan cepat bisa berakibat fatal bagi si bayi. Biasanya bisa dilakukan dengan cara fototerapi atau exchange transfusion. Untuk itu sangat pentingnya melakukan konsultasi ke dokter selama masa kehamilan dan setelah melahirkan.

Semoga Penjelasan tentang bayi kuning, ciri-ciri dan cara penangannya bisa menambah wawasan kita semua dan jika hal ini terjadi kita sudah siap menghadapinya dengan segala kemungkinan yang ada. Pentingnya meningkatkan wawasan kita seputar dunia bayi khususnya penyebab bayi kuning merupakan suatu keharusan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena kita semua sangat menginginkan bayi yang lahir ke dunia ini dalam keadaan sehat terus dan terjaga kondisi fisik dan mentalnya. Terima kasih

Post a Comment for "Cara Menurunkan Kuning Bayi Dengan Cepat"