Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Memerah ASI Dengan Tangan Yang Baik Dan Benar

Cara Memerah ASI Dengan Tangan Yang Baik Dan Benar

Cara Memerah ASI Dengan Tangan Yang Baik Dan Benar. ASI atau Air Susu Ibu merupakan sumber nutrisi yang terbaik untuk buah hati kita. Pentingnya memberikan ASI Eksklusif pada bayi yang baru lahir selama 6 bulan berturut-turut merupakan hal yang mutlak dilakukan.

Tapi kadang ibu kesulitan bagaimana cara memerah ASI dengan tangan yang baik dan benar karena ASI tidak keluar atau hanya sedikit sehingga tidak mencukupi kebutuhan bayi. Kadang ibu juga bisa menggunakan Pompa ASI sebagai solusinya, namun bagaimana halnya jika tidak semua ibu bisa membeli pompa ASI? apakah ada cara lain?

Tuhan menciptakan tangan tentu ada fungsinya, dan manfaatkanlah dengan sebaik mungkin, contohnya bisa untuk memerah susu bagi ibu untuk bayinya. Bisa saja kita menggunakan pompa ASI agar lebih efisien, namun harga pompa ASI Perah juga termasuk mahal mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan.

Bagi yang mampu tentu bisa saja menggunakan alat ini. Memerah ASI dengan tangan tentu ada teknik khusus yang harus dipelajari. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara memerah ASI dengan menggunakan tangan, tips dan triknya.

Cara Memerah ASI Dengan Tangan Yang Baik Dan Benar

Sebelum ibu mulai memerah ASI, terlebih dahulu yang harus diperhatikan adalah kebersihan tangan. Hal ini syarat mutlak yang harus dilakukan agar pada saat memerah ASI tidak terkontaminasi dengan bakteri yang menempel pada tangan.

Teknik mencuci tangan yang benar yaitu, pertama harus dengan sabun, dan air mengalir. Basahi tangan dengan air mengalir, usap sela-sela jari secara bergantian kiri dan kanan, kemudian usap juga ujung dari dengan menempelkan pada telapak tangan dan diputar-putar untuk membersihkan kuku.

Setelah dirasa semua bagian tangan dan kuku sudah digosok selanjutnya bersihkan dengan air yang mengalir. Proses ini lakukan terus sebelum memulai aktivitas memerah ASI dengan tangan.

Sebaiknya pada saat mencuci tangan hindari menggunakan cincin dan gelang agar proses mencuci menjadi lebih mudah dan tidak ada sabun yang menempel pada cincin atau gelang. Langkah selanjutnya keringkan tangan dengan menggunakan kain kering dan lembut, boleh juga dengan air hangat dan keringkan dengan kain.

Untuk memulai memerah ASI, langkah selanjutnya bersihkan bagian areola atau bagian yang hitam pada payudara ibu bersihkan dengan menggunakan air hangat dan kain bersih, lakukan pemijatan secara melingkar dan perlahan-lahan.

Ibu juga bisa menggunakan minyak kelapa, minyak zaitun atau baby oil. Caranya dengan mengoleskannya ke telapak tangan sedikit demi sedikit dan jangan menuangkan langsung ke bagian payudara. Lakukan gerakan memijat sambil menekan ke arah bawah payudara. Tampung ASI pada wadah yang sudah disiapkan dan bersih.

Teknik ini bisa dilakukan oleh semua ibu yang memiliki bayi namun tidak punya uang untuk membeli pompa ASI atau pompa ASI elektrik yang harganya relatif mahal. Cara ini sama efektifnya dengan menggunakan pompa ASI, yang terpenting adalah ibu harus tahu tekniknya dan menjaga kebersihan tangan sebelum memulainya.

Jika ibu masih belum paham cara memerah ASI dengan tangan yang baik dan benar, bisa menanyakan langsung ke dokter atau puskesmas tempat ibu tinggal. Dokter anak dengan senang hati akan mengajari tekniknya. ASI jika tidak dikeluarkan dari payudara ibu akan berbahaya bagi si ibu, pertama bisa bengkak dan yang kedua bisa menyebabkan demam.

Mungkin pada artikel ini tidak dijelaskan secara rinci beserta gambar terkini cara memerah ASI dengan tangan yang baik dan benar, namun hanya penjelasan secara garis besarnya saja serta manfaat dan kelebihan apa saja jika memompa ASI dengan tangan. Semoga sedikit banyak informasi ini bisa berguna untuk ibu dan silahkan menghubungi dokter untuk penjelasan yang lebih detailnya lagi. terima kasih.

Post a Comment for "Cara Memerah ASI Dengan Tangan Yang Baik Dan Benar"