Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membersihkan Gigi Bayi Yang Kuning

 Cara Membersihkan Gigi Bayi Yang Kuning

Cara Membersihkan Gigi Bayi Yang Kuning. Kebanyakan orang tua menyepelekan bagaimana cara merawat dan membersihkan gigi bayi dan menganggap hal ini tidak penting. Kebanyakan ibu mulai memperhatikan hal ini setelah gigi pertama bayi patah, padahal pemahaman itu sama sekali salah. Pentingnya membersihkan gusi bayi sejak dini bertujuan untuk kesehatan mulut bayi.

Cara membersihkan gigi bayi yang kuning pada tahap awal ibu bisa mengajarkan bayi untuk membuka mulutnya dengan benar. Ada beberapa bayi yang sulit untuk membuka mulutnya sendiri sehingga ibu akan kesulitan untuk membersihkan gusi dan menyikat giginya. Jangan pernah memaksakan bayi membuka mulutnya dengan tangan anda karena akan menyakitinya.

Ada teknik mudah bagaimana cara membuka mulut bayi yaitu dengan memberikannya dot kemudian baru ibu bisa masukkan jari ke dalam mulut bayi dan membersihkan gigi dan gusinya dengan lebih mudah. Cara ini tidak disarankan karena jika suatu saat bayi tidak mendapatkan dot dia tidak mau membuka mulut lagi.

Sebelum gigi pertama bayi tumbuh, penting untuk membersihkan gusinya terlebih dahulu. Untuk membersihkan gusi bayi, ibu bisa menggunakan sarung tangan yang bersih dan dibasahi dengan air hangat.

Membersihkan gusi bayi dengan menggunakan jari ibu sangat tidak disarankan karena bisa saja jari ibu tidak bersih dan jika masuk ke dalam mulut bayi akan membahayakan kesehatannya. Kuman dan virus bisa saja masuk ke dalam mulut bayi tanpa kita sadari.

Ibu bisa membeli alat pembersih gusi bayi di toko bayi atau toko online. Bahannya terbuat dari karet dan lembut serta biasanya memiliki bulu-bulu kecil dan pada permukaannya lembut. Pemilihan produk alat pembersih gusi bayi harus hati-hati pada saat membelinya, jangan sampai produk yang dibeli kualitasnya jelek.

Cara Membersihkan Gigi Bayi Yang Kuning

Jangan pernah membersihkan gusi bayi dengan menggunakan pasta gigi. Pada usia bayi yang masih kecil tidak disarankan menggunakan pasta gigi, bahkan penggunaan pasta gigi untuk balita juga tidak disarankan. Cara membersihkan gigi bayi yang kuningi dilakukan dengan cara lembut dan perlahan agar bayi tidak tersedak.

Ketika gigi pertama bayi sudah tumbuh, ibu tetap melakukan pembersihan gusi dan gigi dengan alat bantu dan mungkin bisa menggunakan sikat gigi khusus bayi. Pilihlah sikat gigi bayi dengan ukuran kepala yang kecil dan bulu yang lembut sehingga mudah beradaptasi dengan mulut dan gigi bayi yang masih kecil.

Membersihkan gigi bayi dilakukan dengan hati-hati, jangan sampai melukai gusinya sehingga berdarah. Posisi yang baik menggosok gigi bayi adalah dengan menggendong bayi dan wajahnya menghadap ibu. Menggosok gigi bayi dengan gerakan melingkar pada bagian luar dan dalam. Gigi bayi dibersihkan 2 kali dalam sehari setiap pagi dan malam hari.

Bayi akan merasakan sakit ketika giginya sudah tumbuh karena gusinya akan membengkak dan akan terasa sakit. Hal ini wajar terjadi. Ketika bayi sudah berumur 1 tahun dan giginya sudah tumbuh, ibu bisa rutin membawanya ke dokter gigi untuk memeriksa apakah giginya berkembang dengan baik.

Patikan bayi tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan yang manis seperti permen karena akan menyebabkan gigi bayi berlubang, apalagi jika jarang dibersihkan. Minuman yang manis seperti jus juga bisa mengakibatkan kerusakan pada gigi karena gula dari jus akan menghasilkan bakteri pada permukaan gigi.

Sedapat mungkin kurangi makanan dan minuman yang mengandung gula, apalagi gula buatan. Sebelum tidur pastikan bayi hanya mengkonsumsi ASI saja atau air.

Sikat bayi yang sudah digunakan selama 3 bulan harus diganti dengan yang baru atau ketika bulunya sudah mulai rontok dan lepas. Selalu menjaga kebersihan mulut bayi, gizi yang baik dan konsultasi ke dokter gigi jika diperlukan.

Ketika bayi sudah mulai makan makanan yang padat, ibu harus memperhatikan kandungan gizi yang ada pada makanan tersebut. Jangan sampai bayi kekurangan gizi atau kelebihan gizi dan memperhatikan efek jenis makanan dan minuman terhadap kesehatan gigi bayi. Semoga informasi cara membersihkan gigi bayi yang kuning bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Membersihkan Gigi Bayi Yang Kuning"