Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Diet Utk Ibu Menyusui

Cara Diet Utk Ibu Menyusui

Cara Diet Utk Ibu Menyusui. ASI merupakan nutrisi yang terbaik untuk si bayi yang baru lahir, sehingga kualitas ASI yang diberikan haruslah yang terbaik. terkadang Ibu tidak bisa menyusui bayinya nya karena ada banyak faktor, namun pada artikel ini saya akan membahas tips cara diet utk ibu menyusui yang aman tanpa mengurangi produksi ASI.

Secara alami ketika bayi baru lahir maka dia mempunyai insting untuk menyusui kepada ibunya dan ini harus dilatih apabila si bayi belum bisa menyusui langsung, alternatif lainnya mungkin bisa dengan cara Asi perah. ASI yang diberikan kepada bayi sebaiknya selama 6 bulan berturut-turut secara eksklusif.

Bukan rahasia lagi apabila ibu hamil mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Hal itu biasanya akan bertahan lama bahkan setelah persalinan dan berat badan pun akan tetap melar. Ibu Diet menyusui merupakan salah satu cara untuk mempertahankan atau mengembalikan berat badan seperti sedia kala. Diet untuk ibu menyusui harus dilakukan dengan hati-hati karena mempertimbangkan ibu yang menyusui harus memiliki ASI yang tetap baik atau bernilai gizi untuk si kecil.

Cara Diet Utk Ibu Menyusui

Berikut Ini Ada Beberapa Cara Diet Utk Ibu Menyusui Yang Aman Tanpa Mengurangi Produksi ASI :

Untuk ibu dianjurkan untuk memulai diet setelah 8 Minggu setelah persalinan dan dilakukan dengan perlahan atau bertahap. Dengan memberikan waktu 8 Minggu setelah persalinan akan membantu pulih dari persalinan dan juga menyediakan ASI yang berkualitas untuk si kecil.

Makanlah Dengan Terjadwal

Jadi ibu menyusui harus makan 3 kali makan besar dan dua kali makan selingan dalam sehari. Biasanya kalori untuk ibu menyusui ditambah 500 Kalori. Jangan pernah melewatkan satu jadwal pun untuk mengonsumsi makanan karena dengan mematuhi jadwal makan akan dapat menurunkan berat badan secara alamiah. Dengan metode seperti ini maka kualitas ASI akan terjaga dengan baik.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Seperti yang kita ketahui bahwa 70% kandungan dari tubuh kita ini adalah cairan. Dengan memperbanyak mengonsumsi air putih dapat menekan nafsu makan dan produksi ASI tetap lancar dan berkualitas. Tips untuk ibu menyusui sebaiknya Ibu mengonsumsi satu atau dua gelas air kemudian baru memberikan ASI kepada si bayi.

Cairan juga sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh sehingga tubuh tetap sehat. Jadi jangan sampai Ibu kekurangan cairan yang berakibat pada berkurangnya produksi ASI. Cairan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan kandungan mineralnya, Intinya jangan sampai mengonsumsi minuman yang tidak sehat. Untuk standar kebersihan air seperti yang kita ketahui adalah tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna.

Kandungan Gizi Yang Ada Pada Makanan.

Maksudnya adalah Makanan yang penuh dengan nilai gizi, jadi bukan makanan yang banyak tapi tidak ada kandungan gizinya. Jadi percuma saja mengonsumsi banyak makanan tetapi banyak kandungan karbohidratnya, tinggi lemak. Bukannya malah meningkatkan produksi ASI yang berkualitas tapi justru meningkatkan berat badan.

Jadi di sini Ibu harus pintar memilih jenis makanan yang mengandung tinggi zat gizi sehingga memperlancar dan memperbanyak ASI yang keluar. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada makanan tersebut dapat menekan nafsu makan ibu.

Caranya yaitu satu piring makan ibu menyusui setengahnya adalah sayuran dan buahan seperempatnya adalah sumber protein hewani dan nabati, seperempatnya lagi baru karbohidrat kompleks.

Rutin Olahraga.

Olahraga bukan saja dibutuhkan oleh orang-orang yang sehat saja tapi ibu-ibu yang yang baru melahirkan dan juga bisa melakukan olahraga tentu saja disesuaikan dengan porsinya. Ibu menyusui boleh olahraga yang ringan seperti jalan, kaki yoga dan lain-lain.

Jenis olahraganya disesuaikan saja yang ringan-ringan saja. Olahraga bisa dilakukan setelah ibu menyusui si bayi dan bayi sudah tertidur. Dengan rutin melakukan olahraga setiap hari maka tubuh akan memproduksi hormon yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal ini tentu saja mempengaruhi produksi ASI ibu yang baru melahirkan. Olahraga juga mampu mengurangi stres, jadi ibu yang baru melahirkan sebaiknya menghindari stres, hal ini tentu saling berhubungan.

Istirahat Yang Cukup

Selama proses kehamilan, melahirkan dan menyusui tentu saja membutuhkan kan tenaga dan energi yang ekstra. Sehingga untuk memulihkan stamina dibutuhkan istirahat yang cukup karena ini juga berpengaruh kepada produksi.

Ibu menyusui harus cukup istirahat untuk memperbaiki atau meningkatkan nutrisi atau Produksi ASI. Ibu menyusui sebaiknya dianjurkan untuk lebih sering lagi menyusui bayinya karena dengan lebih sering menyusui maka akan membantu dalam proses membakar kalori dalam tubuh ibu.

Kesimpulannya pilihlah jenis makanan yang tinggi nutrisi dan rendah kalori serta lemak jahat . tapi yang lebih penting adalah bagaimana memproduksi hormon Oksitosin. Karena hormon inilah yang dapat meningkatkan produksi ASI Jauh lebih banyak dan berkualitas.

Faktor utama yang mempengaruhi hormon ini adalah Faktor psikologis, jadi sebaiknya ibu yang sedang menyusui harus menjauhi stres, bahagia dan selalu ikhlas dalam menyusui bayinya. Semua faktor yang dijelaskan diatas sangat mempengaruhi produksi ASI, bukan hanya faktor nutrisi saja yang mempengaruhi produksi ASI tapi juga faktor psikologis yang harus diperhatikan dengan baik.

Semoga artikel tentang cara diet utk ibu menyusui bisa membantu ibu-ibu yang lagi menyusui bayinya nya tetapi harus memperhatikan juga kesehatan. Karena kesehatan ibu juga mempengaruhi kesehatan bayi jika ibu sakit maka bayi juga akan kesulitan dalam mengonsumsi ASI. Terima kasih

Post a Comment for "Cara Diet Utk Ibu Menyusui"