Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa Yang Dimaksud Dengan Bayi Tabung

Apa Yang Dimaksud Dengan Bayi Tabung

Apa Yang Dimaksud Dengan Bayi Tabung. Bagi pasangan yang sudah menikah tentu sangat menginginkan segera mempunyai bayi, Karena memiliki seorang anak merupakan kebahagiaan bagi pasangan suami istri. Terkadang bagi pasangan yang sudah menikah untuk mendapatkan bayi tidak butuh waktu lama dan ada juga butuh waktu lama.

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi pasangan suami istri tidak memiliki anak meskipun sudah bertahun-tahun menikah. Namun pada kali ini saya tidak membahas tentang faktor yang menyebabkan lamanya pasangan tidak mempunyai anak. Nanti akan ada bahasan tersendiri pada artikel berikutnya.

Sesuai dengan judulnya pada artikel ini saya akan membahas tentang apa itu bayi tabung dan proses bayi tabung pada manusia. Sulitnya bagi wanita untuk hamil banyak sekali faktor yang mempengaruhinya.

Semakin berkembangnya teknologi di bidang kedokteran maka semakin memudahkan bagi pasangan yang menginginkan punya momongan sesegera mungkin. Salah satunya yaitu dengan program bayi tabung.

Apa Yang Dimaksud Dengan Bayi Tabung

Vitro Fertilization (IVF) atau biasa dikenal dengan istilah bayi tabung, Program bayi tabung merupakan solusi bagi masalah kesuburan wanita (infertilitas) yang sulit mendapatkan anak. Ada beberapa prosedur yang dilalui untuk mengikuti program bayi tabung ini.

Perbedaannya adalah jika kehamilan normal pembuahannya sel telur dilakukan di dalam rahim ibu, sedangkan jika dengan prosedur bayi tabung proses pembuahan sel telur dilakukan di luar rahim. Sel telur yang sudah dibuahi tersebut kemudian dipindahkan ke dalam rahim wanita.

Proses Pengambilan Sel Telur Untuk Bayi Tabung

Bagi pasangan yang kesulitan mempunyai anak, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan program bayi tabung seperti yang sudah dijelaskan di atas. Ada beberapa prosedur atau proses pembuahan sampai kehamilan.

1. Pemeriksaan

Pertama harus dilakukan pengecekan darah untuk mengetahui kadar estrogen, gunanya untuk memastikan apakah indung telur atau ovarium berada dalam kondisi tidur atau tidak. Langkah pemeriksaan darah ini harus dilakukan dan bisa anda konsultasikan dengan dokter.

Ukuran indung telur juga harus diperiksa dengan cara USG Transvaginal tujuannya untuk mengantisipasi jika ada penyakit pada wanita seperti kista. Penyakit kista ovarium merupakan masalah utama yang mempengaruhi tingkat kesuburan wanita. Jika terdapat kista maka harus diangkat dulu.

2. Stimulasi Pada Ovarium

Selama 1 minggu pada pasien harus dilakukan penyuntikan obat sebanyak 1 sampai 4 kali dalam sehari. Penyuntikan bisa dilakukan oleh dokter atau dilakukan sendiri dan rutin setiap hari. Tujuan dilakukan penyuntikan ini adalah agar sel telur menjadi banyak dan matang di ovarium.

Jadi penyuntikan ini bisa dilakukan oleh suami atau istri, bisa saling membantu, yang terpenting komunikasi saja. Pemantauan terus dilakukan oleh dokter untuk mengetahui perkembangan sel telur dan pengecekan darah untuk mengetahui kadar estradiol.

3. Pematangan Pada Sel Telur

Sebelum sel telur bisa diambil harus dilihat dulu perkembangan dan pertumbuhannya, terkadang untuk pematangannya bisa dengan suntikan human chorionic gonadotropin (hCG). Penyuntikan ini tidak boleh sembarangan waktu tergantung tingkat kematangan sel telur.

4. Sel Telur Diambil

Suntikan hCG diberikan kepada pasien apabila sel telurnya sudah matang. Pada saat pengambilan sel telur terlebih dahulu pasien harus dibius agar pada saat pengambilan sel telur tidak merasakan sakit. Pengambilan sel telur di dalam indung telur dilakukan dengan jarum khusus. Yang diambil adalah oosit yang terdapat di dalam folikel, dimana folikel ini terdapat di dalam ovarium.

5. Sperma Dipertemukan Dengan Sel Telur

Sel telur yang sudah diambil tadi dilakukan harus dipilih yang terbaik, jadi dilakukan terlebih dahulu proses seleksi di lab embriologi. Proses pertemuan sel telur dengan sel sperma dilakukan jika proses seleksi sudah dilakukan dan sudah terpilih. Proses pertemuan ini dilakukan di tempat berbentuk cawan dan dibawah mikroskop bisa terlihat prosesnya.

6. Embrio Ditambahkan Ke Dalam Rahim

Sel telur yang sudah dipertemukan dengan sel sperma kemudian disimpan selama 3 sampai 5 hari. Pemindahan ke rahim wanita dilakukan jika sel telur tadi sudah berubah menjadi sel embrio. Agar sel embrio bisa menempel dengan baik pada dinding rahim, maka pada pasien harus diberikan obat yang mengandung hormon progesteron.

Tahap selanjutnya adalah pemindahan embrio dengan bantuan tabung yang berisi cairan embrio. Kemudian tabung tipis tersebut dimasukkan ke dalam leher rahim. Biasanya proses menunggu embrio di dalam rahim apakah bisa hamil atau bukan memerlukan waktu sekitar 2 minggu. Jika tidak berhasil maka dilakukan lagi tahapan pemasukan embrio yang lain, karena biasanya embrio yg dimasukkan lebih dari satu.

Berapa Biaya Bayi Tabung

Sekarang ini sudah banyak rumah sakit yang menyediakan program bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) dan untuk biaya ivf juga beragam. Namun untuk tingkat keberhasilannya sudah sangat bagus. Untuk biaya ivf relatif cukup mahal. Bagi pasangan yang mempunyai cukup uang untuk program hamil ivf ini bisa mencari tahu informasi lebih detail lagi.

Biaya program bayi tabung pada saat sangat bergantung pada fasilitas yang disediakan oleh rumah sakit, biaya pengobatan pasien dan tindakan medis. Kemudian ada lagi biaya lainnya seperti penyimpanan sperma dan pembekuan di rumah sakit dan prosedur lainnya seperti penjelasan proses bayi tabung di atas.

Rumah sakit menyediakan paket-paket yang berbeda dan tentu saja biayanya juga berbeda berdasarkan paket yang diambil. Ada rumah sakit dengan sistem pembayaran berdasarkan per tindakan yang dilakukan.
Berikut Rumah sakit di indonesia yang menyediakan program bayi tabung beserta harganya:

1. RS Gading Pluit
Kisaran harga bayi tabung di rumah sakit ini antara 39 juta sampai 80 juta rupiah.

2. Rs Sammarie Basra
Rumah sakit yang terdapat di jakarta timur, Duren Sawit untuk kisaran biaya bayi tabung Mulai dari 53 juta.

3. Rs Telogorejo
Biaya program bayi tabung juga terdapat di rumah sakit yang terletak di Semarang Jawa Tengah ini. Kisaran harganya mulai dari 60 juta.

Selain di Indonesia, tentu saja program bayi tabung ini juga tersedia di luar negeri seperti:

1. Bumrungrad International Hospital
Rumah sakit terbesar di Asia Tenggara ini Terletak di Bangkok Thailand, rumah sakit ini justru bisa menyediakan program bayi tabung yang juga sekaligus pagi penderita HIV positif. Biaya bayi tabung di Rumah sakit ini antara 180 juta - 200 juta rupiah.

2. Thomson Fertility Center
Rumah sakit ini berada di Singapura, Program bayi tabung yang ditawarkan di rumah sakit ini juga beragam, mulai dari harga 78 juta rupiah.

Program Bayi Tabung Gratis

Sampai dengan artikel ini dibuat untuk program bayi tabung gratis informasinya belum ada untuk saat ini, namun anda bisa terus mencari informasinya di media atau browsing di internet. Biasanya program bayi tabung gratis ini diadakan oleh rumah sakit di Malaysia.

Program gratis ini bisa menjadi pilihan utama bagi pasangan yang tidak memiliki anak namun sudah lama menikah dan tidak memiliki biaya untuk program bayi tabung yang harganya cukup mahal. Rumah sakit terkadang juga menyediakan promo bayi tabung dengan syarat-syarat tertentu, silahkan rajin untuk mencari informasinya di rumah sakit, teman-teman dan media.

Penting untuk diketahui bahwa harga yang tercantum merupakan perkiraan harga update pada tahun 2018 dan tentu saja bisa berubah setiap tahunnya dan juga biaya tersebut hanya untuk satu kali siklus proses bayi tabung. terkadang untuk hamil bisa 1 kali siklus dan bisa lebih dari satu kali siklus.

Satu hal lagi yang terpenting adalah kesiapan fisik dan mental agar proses bayi tabung ini bisa berjalan dengan lancar. Semoga penjelasan apa itu bayi tabung, bagaimana prosesnya dan berapa kisaran harganya bisa menjadi rujukan anda untuk mengikuti program ini, untuk video proses bayi tabung bisa anda lihat di youtube. Semoga bermanfaat untuk anda dan terima kasih.

Post a Comment for "Apa Yang Dimaksud Dengan Bayi Tabung"