Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menggendong Bayi 3 Bulan

Cara Menggendong Bayi 3 Bulan

Cara Menggendong Bayi 3 Bulan. Sebelum menggendong bayi baru lahir hal yang perlu anda perhatikan terlebih dahulu adalah bagaimana cara menggendong bayi yang baik dan benar juga gendong bayi sesuai usianya untuk menghindari risiko kelainan, cara menggendong bayi 3 bulan dangan gendong bayi 5 bulan berbeda, karena jika salah posisi dalam menggendong bisa menyebabkan bayi menjadi rewel dan yang lebih parah lagi bisa menyebabkan kelainan pada pertumbuhan bayi.

Cara Menggendong Bayi 3 Bulan

Menggendong bayi merupakan kebiasaan yang dilakukan agar bisa dibawa kemana-mana seperti ketika ibu bekerja dan tidak ingin meninggalkan bayinya maka si bayi akan digendong dan biasanya dengan jarik gendong bayi yang motifnya juga bermacam-macam seperti kain batik gendong bayi yang umum dipakai ibu-ibu atau motif dan model lainnya. Pada dasarnya menggendong bayi laki-laki dan perempuan sama saja, yang terpenting adalah posisi yang benar.

Ada banyak sekali manfaat dari menggendong bayi dan akan saya rangkum agar lebih mudah dipahami dan diterapkan. Jadi bagi ibu yang belum percaya diri untuk menggendong bayi karena belum terbiasa atau takut, mulai saat ini setelah membaca artikel ini bisa berubah pikiran mengingat banyak sekali manfaatnya bagi perkembangan si bayi.

Manfaat Menggendong bayi

1. Memberikan Rasa Aman Dan Tenang Pada Bayi

Berdasarkan sejarah misalnya di Asia kalau membawa bayi kemana-mana biasanya bayinya digendong. Sehingga diciptakanlah kain gendongan, tujuannya adalah supaya bayi itu merasa aman dan tenang karena dia di dalam lingkupan pelukan gendongan ibunya.

2. Meningkatkan Kedekatan Ibu Dengan Anak

Skin to skin contact antara ibu dan anak akan meningkatkan kedekatan ibu dengan anak apalagi untuk bayi yang prematur ada gendongan yang bentuknya gendong bayi kanguru. Untuk bayi yang berumur dibawah 3 bulan jarak pandangnya masih terbatas jadi biasanya di digendong menghadap ibunya. Apabila sudah berusia di atas 3 bulan dia digendong menghadap ke luar, karena si bayi sudah mulai penasaran dengan dunia luar. Jadi ini bisa mempererat kontak batin antara ibu dengan anaknya.

3. Stimulasi Perkembangan Otot, Leher Dan Punggung Serta Otot Perut

Pada prinsipnya cara menggendong bayi 3 bulan sudah diatur sedemikian rupa supaya si ibu nyaman dan si bayi juga nyaman. Bayi pada awalnya dia akan menyandarkan kepalanya, lama-lama dia kuat angkat kepala, lalu bisa menopang kepalanya sendiri menghadap kedepan atau gendong bayi depan. Sehingga fungsi utamanya adalah untuk melatih kekuatan otot.

Anda juga bisa melakukan Tummy Time (Bayi ditelungkupkan) kalau kepalanya belum kuat boleh disanggakan dulu. Jika kepalanya sudah kuat bisa ditelungkupkan tanpa ada penyangga, jadi si bayi sudah bisa angkat kepala sendiri. Awalnya mungkin bisa ditelungkupkan di paha ibu dengan posisi kaki satu kaki lebih tinggi dan posisinya duduk.

Otot itu adalah core muscles yang penting untuk pertumbuhan dan menopang kepala. Jadi normalnya pada bayi yang baru lahir kepalanya agak sedikit lebih besar atau bisa dikatakan ukurannya tidak proporsional untuk ukuran badan dengan kepalanya.

Oleh sebab itu kepalanya masih berat, lama-lama kalau sudah kuat si bayi akan bisa mengangkat kepalanya. Sekitar usia bayi sudah 1 tahun bahkan ada yang masih 9 bulan sudah bisa belajar berdiri bahkan berjalan. Biasanya pada umur 6 sampai 7 bulan sudah bisa digendong bayi samping karena kemampuan ototnya untuk menopang sudah kuat.

Untuk pemilihan cara berjalan seperti yang disarankan dokter anak lebih merekomendasikan di tata atau dilatih dan tidak merekomendasikan menggunakan kereta bayi atau (baby walker). Apabila jalannya sudah lancar maka si bayi tidak mau digendong lagi, hal ini wajar karena dia ingin mengeksplor dunia luar dan jika digendong dia akan cepat bosan dan pengen cepat turun.

4. Mempercepat Anak Belajar Bahasa Dan Bicara.

Secara ilmiah ini sudah terbukti dan dokter anak merekomendasikan digendong. Cara menggendong bayi 3 bulan sekarang lebih banyak menggunakan jarik,selimut gendong bayi dan lain-lain. Sebenarnya model gendongan banyak dan itu terserah saja yang penting aman dan nyaman.

Harga kain gendong bayi juga bermacam-macam dan relatif murah, silahkan cari di toko langganan anda atau toko online. Untuk gendong bayi depan yang terpenting adalah pastikan posisi gendong bayi M Shape, jadi posisi lutut harus lebih tinggi dari pinggang atau pinggulnya tujuannya untuk mencegah terjadinya hip-dysplasia (mengganggu pertumbuhan tulang pinggul)

Itulah penjelasan bagaimana cara menggendong bayi 3 bulan yang baik dan sesuai umur, posisi gendongan dan manfaat apa saja yang didapat si bayi yang sering digendong. Semoga apa yang dijelaskan di artikel ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kita semua. Silahkan anda bagikan artikel ini ke teman-teman, saudara atau siapa saja yang membutuhkannya dan jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya yaitu link ke website ini, Terimakasih.

Post a Comment for "Cara Menggendong Bayi 3 Bulan"