Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Trik Mendekatkan Ayah dengan Buah Hati

Trik Mendekatkan Ayah dengan Buah Hati

Trik Mendekatkan Ayah dengan Buah Hati. Ikatan antar anak dengan orang tuanya memang harus dibangun sedini mungkin. Bahkan saat ia masih dalam kandungan, ada baiknya jika orang tua sudah mulai berkomunikasi dengan nya.

Selain itu, meski dalam keseharian tampak seperti Ibu yang lebih dekat dengan si kecil, namun bukan berarti sang ayah tidak berusaha untuk mengakrabkan diri dengan si kecil.

Peran ayah dalam perkembangan si kecil juga sangat dibutuhkan. Karena itu sang ayah harus menemukan cara untuk bagaimana bisa mendekatkan ayah dengan buah hati meski dengan waktu yang tak sebanyak dengan sang Ibu habiskan bersama si kecil.

Ada beberapa hal-hal yang dapat dilakukan sang ayah untuk mendekatkan dirinya dengan si kecil. Mengerti akan kesibukan suami di luar rumah, Ibu juga perlu mendorong agar si ayah dapat menghabiskan waktu luangnya untuk si anak.

Jika kedekatan antar ayah dan anak sudah terjalin sejak dini, maka ketika dewasa nanti, si kecil akan mengerti kasih sayang orang tua yang sebenarnya.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mendekatkan ayah dengan buah hati:

Menatap Matanya

Bayi sangat suka saat ia memperhatikan dan mempelajari wajah orang-orang terdekatnya. Saat ayah sedang bersama atau bermain dengan si kecil, mintalah si ayah untuk menatapnya dalam beberapa detik.

Tatap si kecil dengan lembut dan penuh senyuman, biarkan si kecil merekam wajah ayahnya dalam ingatannya. Namun disarankan untuk tidak terlalu lama karena bayi mudah merasa bosan.

Mandi Bersama

Saat akhir pekan jadi waktu yang tepat untuk si Ayah mengakrabkan dirinya dengan si kecil. Mintalah suami untuk membantu mengurus si kecil seperti misalnya mandi bersama.

Ketika si kecil terbiasa dengan sentuhan Ibunya, saat giliran ayahnya yang memandikannya ada perbedaan tersendiri saat kulit Ayah menyentuh kulit bayi. “skinship” seperti ini juga membantu bayi lebih mengenal ayahnya dan membuatnya nyaman. Meminta bantuan suami untuk menggantikan popok si kecil juga ide yang sangat bagus.

Membacakan Cerita

Meskipun si kecil belum dapat mencerna dan mengerti semua kata yang dikeluarkan, akan tetapi ia sangat senang dengan suara-suara yang dapat menenangkannya seperti membacakan dongeng atau cerita kepadanya, sehingga saat membacakan cerita padanya sebelum tidur, ia akan mudah terlelap.

Selain itu, dengan membiasakan si Ayah membacakan cerita padanya maka si kecil akan lebih familiar dengan suara Ayahnya. Membacakan cerita pada bayi juga dapat membantu perkembangan emosional si kecil.

Menimang-nimang atau memberikan susu pada malam hari

Saat si kecil terbangun di malam hari entah karena kelaparan atau memang kebiasaannya yang terbangun pada malam hari, ibu dapat memberikan kesempatan pada sang Ayah untuk menenangkan si kecil dengan menggendongnya sembari memberikan susu.

Keheningan malam hari akan membuat interaksi mereka semakin dekat, dan ikatan antar keduanya akan terbangun dengan sendirinya. Heningnya malam hari akan membuat suara sang ayah lebih jelas terdengar di telinga bayi, sehingga ia semakin mengenali karakter suara ayahnya.

Bermain kangguru

Kedekatan fisik juga penting untuk mendekatkan ayah dengan buah hati. Jika si kecil rewel, cobalah memberi kesempatan pada si Ayah untuk menenangkannya dengan menggendongnya di depan (front carrier), sehingga terlihat seperti kangguru yang menggendong anaknya.

Demikian trik dan tips dalam mendekatkan ayah dengan buah hati. Semoga bisa dicoba ayah ketika dirumah bersama buah hati.

Post a Comment for "Trik Mendekatkan Ayah dengan Buah Hati"