Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Keuntungan Kontrasepsi Hormonal

Keuntungan Kontrasepsi Hormonal
 

Keuntungan Kontrasepsi Hormonal. Kontrasepsi hormonal merupakan cara pengendalian kehamilan yang dilakukan dengan mempengaruhi hormon untuk mencegah terjadinya ovulasi dan pembuahan.

Jenis kontrasepsi hormonal yang umum digunakan adalah pil KB, implan atau susuk, serta suntik KB, dan hanya dilakukan pada wanita.

Berikut ini adalah ulasan mengenai cara kerja dan keuntungan kontrasepsi hormonal, sebagai jenis kontrasepsi yang paling sering digunakan dan efisien.

Mekanisme kontrasepsi hormonal dengan menggunakan hormon estrogen dan atau progesteron yang digunakan untuk menekan ovulasi dan mencegah implantasi. Dalam alat kontrasepsi hormonal, kedua hormon tersebut dapat digunakan secara kombinasi, atau hanya menggunakan homon progesteron.

Hormon progesteron berfungsi menghambat terjadinya ovulasi (pematangan dan pelepasan sel telur yang siap dibuahi), sehingga tubuh mengira telah terjadi kehamilan dan tidak terjadi pembuahan.

Hormon progesteron juga berfungsi mengentalkan cairan pada serviks sehingga sulit ditembus oleh sperma. Sedangkan hormon estrogen berfungsi menjaga kestabilan dinding rahim dan mempertahankan keteraturan siklus haid, sehingga menghambat terjadinya pembuahan sel telur.

Apa saja keuntungan kontrasepsi hormonal? Selain tingkat efektifitas yang tinggi, kontrasepsi hormonal dapat digunakan oleh setiap wanita dalam jangka panjang, selama tidak ada tanda-tanda kehamilan.

Kontrasepsi hormonal mudah dihentikan setiap saat, dan kesuburan segera kembali setelah penggunaannya dihentikan. Penggunaan kontrasepsi hormonal juga tidak akan mengganggu hubungan seksual.

Keuntungan lainnya, pengguna kontrasepsi hormonal umumnya akan mengalami keteraturan dalam siklus haid, serta membantu mencegah kehamilan ektopik, kanker ovarium, kanker endometrium, kista ovarium, penyakit radang panggul, dan kelainan jinak pada payudara.

Namun selain keuntungan kontrasepsi hormonal, terdapat beberapa efek samping yang harus diwaspadai, terutama karena kontrasepsi ini mempengaruhi cara kerja hormon.

Di antara efek samping yang sering terjadi antara lain adalah kenaikan berat badan, buah dada membesar dan nyeri bila disentuh, atau gangguan pola haid. Selain itu terdapat juga efek samping yang jarang terjadi, seperti perubahan nafsu makan, depresi, mual, peningkatan tekanan darah, atau kegelisahan yang berlebihan.

Kontrasepsi hormonal juga dapat memicu reaksi dengan obat-obatan tertentu, sehingga untuk menggunakan kontrasepsi ini harus dengan persetujuan dokter kandungan.

Post a Comment for "Keuntungan Kontrasepsi Hormonal"