Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penyakit Herpes Pada Kulit Dan Gejalanya

Penyakit Herpes Pada Kulit Dan Gejalanya

Penyakit herpes adalah salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh virus. Nama virusnya adalah varicella zoster. Biasanya seseorang yang sudah pernah menderita cacar air berpotensi terkena herpes.

Virus varicella zoster yang ada pada saat cacar air menyerang, ternyata tidak hilang secara total meskipun cacar air telah sembuh. Virus ini tinggal dalam tubuh dalam keadaan tidak aktif pada beberapa pusat syaraf.

Pada saat kekebalan tubuh menurun, virus yang menetap dalam keadaan pasif itu akan kembali aktif dan menyebar menuju tepi kulit. Ketika mencapai kulit, virus akan memperbanyak diri dan membentuk kumpulan bintil dengan ukuran kecil yang berwarna merah dan berisi air.

Penyakit kulit ini kadang menimbulkan rasa panas, namun gejala yang umum terjadi adalah rasa gatal yang semakin hari semakin hebat.

Cara Penularan Penyakit Herpes

Herpes dapat ditularkan melalui kontak langsung pada saat penderita bertemu dengan bukan penderita. Media penularan dapat melalui udara, yakni pernafasan yang membawa virus keluar dan dihirup oleh orang yang bukan penderita. Bukan saja menyerang orang dewasa, penyakit herpes pada bayi juga sering terjadi.

Semakin bertambah usia, maka resiko terkena herpes akan semakin besar. Kecuali apabila dengan semakin bertambahnya usia, kita bisa meningkatkan system kekebalan tubuh atau system imun.

Gejala Penyakit Herpes

Pada saat awal herpes menyerang, gejala yang ditimbulkan antara lain penderita akan merasakan kulit terbakar pada bagian kulit yang terinfeksi virus. Kulit yang terinfeksi akan memunculkan bintil merah kecil dan berkelompok.

Kulit akan tampak seperti melepuh yang akan bertambah luas dan lebar. Umumnya, penyakit herpes akan berada pada masa kritis dalam beberapa hari hingga paling lama 1 minggu, namun pada beberapa kasus herpes dapat menyerang lebih dari 1 minggu.

Ketika bintil yang mengandung air pecah, maka kulit di sekitarnya akan mulai mengeras. Ini artinya herpes sudah mulai sembuh. Proses penyembuhan ini berlangsung hampir selama 1 bulan.

Tipe-Tipe Penyakit Herpes

Ada dua macam herpes, herpes yang hanya menyerang kulit atau herpes zoster, dan herpes yang menyerang kelamin. Penyakit Herpes menyerang kulit per bagian saja, artinya jika herpes menerang bagian lengan, maka hanya area itu saja dan tidak akan menyerang area yang lain.

Namun hal ini juga dipengaruhi oleh system imun penderita. Apabila system imun meningkat, maka herpes tidak akan menyebar ke bagian kulit lainnya. untuk itu sangat penting menjaga pola hidup sehat guna meningkatkan kekebalan tubuh.

Herpes zoster biasnya membutuhkan waktu inkubasi 7-12 hari. Dalam masa inkubasi ini, penderita akan mengalami badan yang terasa meriang, kepala yang terasa pening, serta menurunnya nafsu makan.

Pada kulit yang terinfeksi akan terasa nyeri, perih, dan ada sensasi terbakar. Lalu setelah beberapa hari setelah inkubasi, pada area yang terbakar tadi akan muncul bintil bintil kecil berisi air.

Cara Mencegah Penyakit Herpes

Salah satu cara mencegah penyakit herpes datang kembali adalah dengan memberikan vaksin. Vaksin ini dapat berasal dari virus herpes yang telah dilemahkan untuk mengurangi resiko terkena penyakit kulit ini.

Sedangkan cara pengobatan penyakit herpes adalah dengan menggunakan obat antiviral. Obat ini dapat digunakan dalam waktu 3 hari setelah terlihat adanya ruam pada kulit. Fungsi obat ini adalah meringankan rasa sakit.

Namun, apabila ruam atau bintil telah pecah dan berair, penggunaan obat akan sia sia. Setelah herpes sembuh, yang perlu dilakukan adalah berusaha meningkatkan system imun. Cara lainnya yaitu dengan mengkonsumsi antidepresan.

Ada berbagai macam pengobatan yang dapat menyembuhkan herpes, baik secara tradisional maupun modern. Yang terpenting adalah menjaga imunitas agar herpes tidak kambuh lagi.

Post a Comment for "Penyakit Herpes Pada Kulit Dan Gejalanya"